OPTIMALISASI KINERJA WAKIL KEPALA MADRASAH BIDANG KURIKULUM DALAM PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BUKU KERJA GURU BERBASIS APLIKASI MELALUI SISTEM MULTI LEVEL ASSISTANCE PADA MADRASAH TSANAWIYAH DAN MADRASAH ALIYAH BINAAN DI KECAMATAN LAMONGAN

  • Ida Safiaturahma
Keywords: Optimization, Curriculum, System, Multi, Level, Asisten

Abstract

Penelitian ini berjudul Optimalisasi Kinerja Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum dalam Pendampingan Penyusunan Buku Kerja Guru Berbasis Aplikasi  melalui Sistem Multi Level Assistance pada MTs dan MA Binaan di Kecamatan Lamongan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi guru madrasah pada aspek administrasi masih banyak belum lengkap dan benar. Kondisi itu terjadi, salah satunya karena kinerja wakil kepala Madrasah bidang kurikulum belum optimal, apalagi jika guru madrasah yang didampingi jumlahnya banyak. Hal itu berakibat pada proses pembelajaran tidak maksimal karena tidak didukung dengan adminitrasi pembelajaran yang lengkap dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja wakil kepala Madrasah bidang kurikulum dalam mendampingi guru dalam menyusun buku kerja guru berbasis aplikasi melalui system multi level assistance. Dilaksanakan pada tanggal 1 Juni – 30 Juli 2019 yang berlangsung  dalam dua siklus.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan melalui  metode pendampingan dengan system Multi Level assistance, yaitu metode pendampingan berjenjang, diawali dari pendampingan pengawas pada waka kurikulum binaan, kemudian waka kurikulum melakukan pendampingan pada coordinator guru rumpun mata pelajaran, dan dilanjutkan pendampingan kepada guru-guru oleh koordinator rumpun mapel. Teknik pengambilan data  menggunakan instrumen lembar observasi kinerja waka kurikulum, memuat 5 komponen dan 34 indikator dan instrument supervisi buku kerja guru yang memuat 4 komponen dan 27 indikator. Analisis data dengan cara menilai setiap indicator pada tiap komponen dengan   skor 4-1, serta  menetapkan kriteria berdasarkan total skor yang diperoleh  masing masing waka kurikulum maupun guru-guru  pada madrasah

Hasil penelitian menunjukkan adanya optimalisasi  kinerja wakil kepala madrasah bidang kurikulum setelah melakukan kegiatan pendampingan melalui system Multi Level Assistance. Hal ini dibuktikan dengan adanya data hasil observasi kinerja waka kurikulum dan supervisi akademik buku kerja guru dari temuan awal sebelum pendampingan untuk nilai kinerja waka kurikulum rata-rata adalah 74,5 Sedangkan untuk hasil supervisi buku kerja guru rata-rata adalah 65,5 setelah proses penelitian ini berjalan selama 2 siklus maka diperoleh nilai hasil observasi kinerja waka kurikulum 84 dan hasil supervisi akademik buku kerja guru 81,5 Jadi dengan metode pendampingan System Multi Level Assistance terdapat peningkatan  88% untuk kinerja waka kurikulum,  Sedangkan hasil supervisi akademik buku kerja guru juga terdapt peningkatan 80,4 % 

 

Author Biography

Ida Safiaturahma

Pengawas Madrasah Kemenag Lamongan

Published
2019-10-11
How to Cite
Safiaturahma, I. (2019). OPTIMALISASI KINERJA WAKIL KEPALA MADRASAH BIDANG KURIKULUM DALAM PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BUKU KERJA GURU BERBASIS APLIKASI MELALUI SISTEM MULTI LEVEL ASSISTANCE PADA MADRASAH TSANAWIYAH DAN MADRASAH ALIYAH BINAAN DI KECAMATAN LAMONGAN. Cendekia, 2(2). Retrieved from http://e-journal.man1lamongan.sch.id/index.php/cendekia/article/view/24