تصميم كرّاسة التدريبات لمادة اللّغة العربية لطلّاب الفصل الحادي عشر الثانوي (البحث والتطوير بالتطبيق على المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية لامونجان ).

40

Membuat LKS Pembelajaran Bahasa Arab dalam Keterampilan Berbahasa Arab Tingkat Sekolah Menengah Atas (Penelitian Pengembangan (R&D) di Madrasah Aliyah Negeri Lamongan)

Evi Zulianah
evizulianah888@gmail.com
Fakultas Agama Islam Universitas Islam Lamongan
Diterima : 10November 2020
Direvisi : 20Desember 2020
Disetujui : 23Desember 2020

Abstraksi

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Membuat LKS Pembelajaran Bahasa Arab dalam Keterampilan Berbahasa Untuk Siswa Kelas XI Tingkat Menengah Atas di MAN Lamongan,  (2) Mengetahui efektifitas LKS Pembelajaran Bahasa Arab dalam Keterampilan Berbahasa Untuk Siswa Kelas XI Tingkat Menengah Atas di MAN Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Metodologi  yang digunakan adalah (1) pengembangan dan analisis, (2)  metode eksperimen melalui pre test dan post test.Sumber data penelitian adalah (1) Materi ajar bahasa Arab kelas sebelas semester ganjil dan genap yang digunakan di MAN Lamongan, (2)  Pakar pembelajaran bahasa Arab, (3) Guru bahasa Arab MAN Lamongan, (4) Siswa kelas sebelas MAN Lamongan, dan (5) Dokumen. Penelitian ini difokuskan pada masalah: “Bagaimana bentuk LKS pembelajaran bahasa arab pada semua maharah kelas sebelas  semester ganjil dan genap dengan menggunakan kurikulum 2013 di MAN Lamongan,  kemudian penelitian ini juga mengungkapkan sejauh mana efektifitas LKS pembelajaran bahasa arab pada semua maharah yang telah dikemabangkan dimaksud dalam meningkatkan hasil belajar siswa  MAN Lamongan.

Setelah melalui penelitian yang mendalam diperoleh hasil sebagai berikut : (1) LKS pembelajaran bahasa arab pada semua maharah kelas sebelas  semester ganjil dan genap dengan menggunakan kurikulum 2013 di MAN Lamongan hasil pengembangan secara umum bagus dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran, (2) LKS pembelajaran bahasa arab pada semua maharah kelas sebelas  semester ganjil dan genap kurikulum 2013 hasil pengembangan setelah diterapkan menunjukkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas sebelas semester ganjil dan genap di MAN Lamongan, hal ini didasarkan pada hasil pretest dan posttest yaitu pada semester ganjil terdapat peningkatan 6,95 % dari prosentase nilai pretest 66,55% menjadi 85,31% di nilai posttest. Begitu juga disemester genap juga mengalami peningkatan yang signifikan dengan didasarkan pada hasil pretest dan posttest yaitu terdapat peningkatan 7,55 % dari prosentase nilai pretest 67% menjadi 81,44% di nilai posttest.

Referensi

Ahmad Izzan, MetodologiPembelajaranBahasa Arab (Bandung:Humaniora, 2009).

chaidar al wasilah, Metodologi pembelajaran bahasa arab (Bandung: Pustaka penerbit,2012).

Khalaf Al Asaf Abdullah, “MaharatulQiraah”, dalamhttp://aliqtissad.wordpress.com/2006/12/23/qiraa, (3 Januari 2017).

Margono, MeodologiPenelitianPendekatan(Jakarta: PT. Rineka Cipta,1997).

PunajiSetyosari, MetodePenelitianPendidikandanPengembangan(Jakarta: KencanaPrenamedia Group, 2010).

Sugiono, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung : Alfabeta, 2012 ).

 Suharsini Arikunto, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, ( Jakarta : Rineka Cipta, 2010 ).

 Zainal Arifin, Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru, ( Bandung : Remaja Rosda Karya, 2011 ).

PDF Page:  811-825

Terbit: Juni 2021