Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Course Review Horray Topik Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)

24

Zumrotus Sa’adah
zumro86@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jalan Veterran 43 lamongan
Naskah :
Diterima : 01 November 2020
Direvisi : 05 November 2020
Disetujui : 01 Deseember 2020

Abstraksi

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X IIK MAN 1 Lamongan pada topik Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horray (CRH). Untuk tujuan tersebut, penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dikembangkan oleh peneliti. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan melihat peningkatan hasil belajar siswa pada tahap pra-siklus, siklus I dan siklus II. Tindakan tersebut diberikan kepada tiga puluh satu siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Course Review Horray (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIK MAN 1 Lamongan pada topik Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) sebesar 35,48%.

Referensi

Arifin, Zaenal. (2009). Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika. Surabaya: Lentera Cendikia.

Arifin, Zaenal. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Lentera Cendikia.

Gunawan. (2017). “Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Matematika” dalam Strategi dan Aksi Pendidikan Karakter. Malang: Genius Media. 

Hamalik, Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Priatmoko, Sigit. (2019). Tak Asal Jadi Guru, Jadi Guru yang Tak Asal. Malang: Madza Media.

Utoyo, Tri. (2017). “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Limit Fungsi Melalui Model Course Review Horray Bagi Peserta Didik XI IPA 4 SMA N 1 Mayong”. Aksioma. 8, (2), 79.

https://mamikos.com/info/cara-meningkatkan-motivasi-belajar/ diakses tanggal 7 Januari 2021 pukul 22:51 WIB.

PDF Page:  765-772

Terbit: Juni 2021