FebriyanDwiCahyono dan Moh. SyobilBirri
febriyandwicahyono@gmail.com
shobil01moh@gmail.com
Guru MIN 1 Bojonegorodan MAN 1 Lamongan
Diterima : 20 November 2020
Direvisi : 23 Desember 2020
Disetujui : 25 Desember2020
Abstraksi
Tujuan penelitian ini adalah untuk memantau kemampuan biomotor kecepatan dan daya tahan siswa ekstrakulikuler atletik MIN 1 Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik survey. Sampel dalam penelitian ini adalah sebelas siswa puta dan tujuh siswa putri. Untuk mengetahui kemampuan kecepatan dilakukan tes lari 40 meter sedangkan untuk daya tahan menggunakan tes lari 600 meter. Dari analisis data yang dilakukan terhadap siswa ekstrakulikuler atletik MIN 1 Bojonegoro didapatkan hasil bahwa pada kemampuan biomotor kecepatan lari siswa putra masih dalam kategori kurang, sedangkan kecepatan siswa putri dalam kategori cukup. Kemudian dalam kemampuan daya tahan jantung, didapatkan hasil yang sama yaitu rerata daya tahan siswa putra tergolong dalam kategori kurang, sedangkan siswa putri rerata daya tahan termasuk dalam kategori cukup.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. (2006). ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktik. Jakarta: PT AsdiMahasatya
Brusseau, T. A., Tudor-Locke, C., &Kulinna, P. H. (2013). Are children meeting any of the suggested daily step recommendations?. Biomedical human kinetics, 5, 11-16. doi:10.2478/bhk-2013-0003
Centers for Disease Control and Prevention. (2013). Comprehensive school physical activity programs: A guide for schools. Atlanta, GA: U.S. Department of Health and Human Services. https://www.cdc.gov/healthyschools/professional_development/e-learning/ cspap/_assets/FullCourseContent-CSPAP
Dinkel, D. M., Lee, J. M., & Schaffer, C. (2016). Examining the knowledge and capacity of elementary teachers to implement classroom physical activity breaks. International Electronic Journal of Elementary Education, 9(1), 182-196. from: https://www.iejee.com/ index.php/IEJEE/article/view/151/148
Flegal, K. M., Carroll, M. D., Ogden, C. L., & Curtin, L. R. (2010). Prevalence and trends in obesity among US adults, 1999-2008. JAMA, 303(3), 235-241, doi: 10.1001/jama.2009.2014
Guo, S. S., Wu, W, Chumlea, W. C., & Roche, A. F. (2002). Predicting overweight and obesity in adulthood from body mass index values in childhood and adolescence. The American Journal of Clinical Nutrition. 78(3):653-658. PMID: 12198014
Hanief, Y. N., &Sugito, S. (2015). MembentukGerakDasarPadaSiswaSekolahDasarMelaluiPermainanTradisional. Jurnal SPORTIF : JurnalPenelitianPembelajaran, 1(1), 100–113. https://doi.org/https:// doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575
Kann, L., McManus, T., Harris, W. A, Shanklin, S. L., Flint, K. H., Hawkins, J., Queen. B., Lowry, R., Olsen, E. O., Chyen, D., Whittle, L., Thornton, J., Lim, C., Yamakawa, Y., Brener, N., & Zaza, S. (2016). Youth Risk Behavior Surveillance—United States, 2015. MMWR, 65(6), 1–174. doi: 10.15585/mmwr.ss6506a1.
Kohl Ш, H. W., & Cook, H. D. (2013). Educating the student body: taking physical activity and physical education to school. Washington D.C., National Academies Press(US)
Mavrovouniotis, F. (2012). Inactivity in Childhood and Adolescence: A Modern Lifestyle Associated with Adverse Health Consequences. Sport Science Review, 21(3-4), 75-99. doi: 10.2478/v10237-012-0011-9
Sugiyono. (2013). MetodePenelitianPendidikanPendekaanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
World Health Organization (2015). World health statistics
Wright, C. M., Parker, L., Lamont, D. & Craft, A. W. (2001). Implications of childhood obesity for adult health: findings from thousand famillies cohort study, British Medical Journal, 323, 1280-8. doi: 10.1136/ bmj.323.7324.1280.yschools/professional_development/e-learning/cspap/_assets/FullCourseContent-CSPAP

Terbit: Juni 2021