Penggunaan Ukbm Dalam E-Learning Berbantuan Wa Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kimia Larutan Asam Basa Dalam New Normal Pandemi Covid-19

17

Use Of Ukbm In Waiting Assisted E-Learning Can Improve Student Learning Outcomes On Chemical Materials Of Basic Acid Solutions In New Normal Pandemic Covid-19

Siti Aminah
sa6436309@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Diterima : 10 November 2020
Direvisi : 20 Desember 2020
Disetujui : 23 Desember 2020

Abstraksi

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil pembelajaran jarak jauh selama masa new normal pandemi covid-19 tahun 2021 pada siswa kelas XI MIPA-5  tahun pelajaran 2020/2021 MAN 1 Lamongan dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan pada materi larutan asam basa. Model penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart  dengan prosedur penelitian terdiri dari empat tahap kegiatan pada satu putaran (siklus), yaitu perencanaan tindakan dan observasi refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui  observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan urutan  reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan penelitian  ini adalah  apabila  ≥85% dari jumlah siswa telah  mencapai KKM  hasil belajar  75 dengan predikat memuaskan. Dari hasil penelitian, diperoleh peningkatan peresentase hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I sampai siklus II yakni sebesar 46,10%. Dari sebelumnya 31,4% menjadi 77,16% setelah tindakan. Dan peningkatan nilai rata-rata sebesar 30 (sebelum tindakan sebesar 55 dan setelah tindakan sebesar 85). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan UKBM dalam e-learning berbantuan WA selama masa new normal pandemic covid-19 dapat meningkatkan hasil pembelajaran larutan  asam basa siswa dikelas XI MIPA-5 MAN 1 Lamongan tahun pelajaran 2020/2021

Referensi

Allen, M. (2013). Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada: John Wiley & Sons
Ardiansyah, I. (2013). Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Pemanfaatan E- learning dalam Pembelajaran, 8(2), 101-203.
Dimyati, Mudjiono, (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hardiyana, Andri. 2015. Implementasi Google Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah, Cirebon: SMA Negeri 1 Losari.
Mochammad Dana Irwantha , dkk. 2017 . Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Oleh Guru
Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas X Mipa 2 SMA Negeri Bali Mandara.E-jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Nursalam, & Efendi, F. (2008). Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika..
Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM)
Pedoman Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA

Permendiknas No. 22 tahun 2006
Permendikbud RI Nomor 158 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
Rini Septiana, dkk dalam jurnal pendidikan biologi Universitas Islam Negeri Walisongo
Sastrawijaya, Tresna. 1988. Proses Belajar Mengajar Kimia. Jakarta: Depdikbud.
Sudjana,Nana. 2009, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan Yogyakarta: UNY Press
Tjokro, Susanto L. 2009. Presentasi yang Mencekam. Jakarta: Elex Media Komputindo
Untari L.K, Jurnal Efektivitas Pelaksanaan Ukbm (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) Pada Pembelajaran Matematika Di Kabupaten Sidoarjo.

PDF Page:  787-802

Terbit: Juni 2021

SHARE