Efektivitas Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Selama Pandemi Covid-19

21

Moh. Syobil Birri
shobil01moh@gmail.com
Guru MAN 1 LAMONGAN
Jalan Veteran nomor 43 Lamongan
diterima : 19 April 2020
direvisi :22Mei 2020
disetujui : 25 Juni 2020

Abstraksi

Virus corona atau Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah banyak mengubah tatanan kehidupan manusia di dunia termasuk di Indonesia. Pendidikan salah satu yang terdampak sehingga mengharuskan mengalami perubahan sistem dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh dengan daring. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran daring sebagai alternatif proses kegiatan pembelajaran yang telah di laksanakan oleh Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan Tahun Pelajaran 2020/2021 selama pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode survei dengan kuisioner yang dilakukan secara online. Data di analisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian menggambarkan bahwa pembelajaran Pendidikan jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dengan daring berjalan secara efektif. Aplikasi yang dinilai paling mudah digunakan siswa adalah grup Whatsapp, sumber belajar yang mudah di pahami siswa adalah melalui video pembelajaran dan menggunakan model pembelajaran penugasan individu serta penugasan yang paling mudah dipahami adalah soal pilihan ganda. Namun terdapat kendala yang paling di sering di hadapi oleh siswa adalah permasalahan jaringan internet.

Referensi

Badan Pusat Statistik. (2020). Persentase Penduduk yang memilih/Menugasi Telepon Seluler menurut ProvinsidanKlasifikasi Daerah, 2012-2018.https://www.bps.go.id. Diakses pada 25 Juli 2020.

Hidayat K. (2011). Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal UntukMeningkatkanKeterampilan Passing BawahPermainan Bola Voli Mini PadaSiswaKelas V SekolahDasarNegeriSinom Widodo 02 KabupatenPatiTahunPembelajaran 2010-2011. Skripsi. JurusanPendidikanKepelatihanOlahraga. FIK. UniversitasNegeri Semarang.

Lutan Rusli. (2000). Managemen Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 TentangPelaksanaanKebijakanPendidikanDalam Masa DaruratPenyebaranCORONAVIRUS DISESASE (Covid-19).

Kementerian Kesehatan. (2019). Negara yang terjangkit Covid-19. https://covid19.kemkes.go.id/category/situasi-infeksi-emerging/info-corona-virus#.Xvcz5zAzbcs. Diakses pada 27 Juli 2020.

Pane, Sitorus. (2015). Peranan Olahraga dalam Meningkatkan Kesehatan. Jurnal Pengabdian Masayarakat Vol 21 Nomor 79 Tahun 21 Maret 2015.

Rahman, Abdul. (2008). Pengaruh Tes Formatif dan Kemandirian BelajarTerhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Nomor 2 Tahun 7Juni 2008

Roida, Pakpahan, dan Yuni Fitriani. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. UniversitS Bina Sarana Informatika.

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman Adang. (2020). Assmen Belajar dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: DIKLUSEPORA.

Surat Edaran menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokasi (PAN & RB) Nomor 50/2020 tentang perubahan kedua atas surat edaran Menteri PAN & RB Nomor 19/2020.

Susilo. Adityo, dkk. (2020). Corona Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkuni. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia. Vol. 7 No. 1

PDF Page:  659-666

Terbit: Desember 2020