Inovasi Strategi Pembelajaran Berbasis IT di tengah Pandemi Covid-19

205

Roudlon
roudlonfauzanis@gmail.com
Guru MAN 1 LAMONGAN
Jalan Veteran nomor 43 Lamongan
diterima : 17 April 2020
direvisi : 22 Mei 2020
disetujui : 25 Juni 2020

Abstraksi

Tulisan ini mendeskripsikan inovasi strategi pembelajaran berbasis Information technology (IT) di tengah pandemi covid-19 diterapkan di MAN 1 Lamongan sebagai madrasah digital. Inovasi ini dikembangkan dalam perangkat pembelajaran dengan pendekatan scientific skill berbasis IT menghasilkan kerupuk ikan patin, meski dilakukan secara online.

Terobosan strategi menggunakan model pembelajaran inkuiri dikembangkan secara daring dalam rangkaian kegiatan pembelajaran yang tetap menekankan pada proses berfikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri solusi dari masalah yang ditanyakan. Seluruh rangkaian kegiatan dituangkan menjadi tiga kegiatan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

Dari ketiga kegiatan tersebut, proses pembelajaran pada kegiatan inti dilakukan dalam lima tahapan dan lima fase. Kelima tahappembelajaran tersebut diterapkan mengunakan pendekatan MIKiR alur I-CARE berorientasi peserta didik. Sehingga terbangun pembelajaran aktif atau active learning, dan proses kegiatannya pun bukan hanya sekadar transfer of knowledge, tetapi juga transfer of value dan transfer of behavioral skillsebagaimana dilakukan secara tatap muka. Mengingat, inovasi strategi ini menanamkan lima hal pada peserta didik, yakni disciplinary, creating, respectful, etichal, dan synthesiszer.

Dengan lima tahapdan lima fase tersebut, peserta didik dalam pembelajarannya bisa menghasilkan sebuah produk kerupuk ikan patin. Limbahnya pun tidak terbuang percuma karena peserta didik menggunakan daya analisisnya mengolah limbah jadi kompos. Hasil itu sebagai wujud kegiatan praktik (KI-4) selama proses kegiatan pembelajaran berbasis lingkungan hidup. Terobosan strategi pembelajaran inkuiri sangat penting diterapkan karena kegiatan pembelajarannya berjalan menggunakan strategi berbasis IT pada cara belajar siswa yang aktif dan kooperatif di tengah pandemi covid-19.

Referensi

Carolyn, 2006, The development of scientific reasoning skills in conjunction with collaborative writing assignments:   An   interpretive   study  of  six ninth-grade students. Journal of Research in Science Teaching, 31(9): 1003–1022.

Depburman, S. K. 2002. Learning How Scientists Work: Experiential Research Projects to Promote Cell Biology Learning and Scientific Process Skills. Journal of Research in Science Teaching, 1(4):154-172.

Firtri, A, 2011, Dasar Bermuatan Pendidikan Berkarakter Dengan Problem Based Learning. Jurnal Perangkat Pembelajaran, 1(2): 160-166.

Gardner, Howard, 2006, Changing Minds. The art and science of changing our own and other people’s minds, Boston MA, Harvard Business School Press

Hobri,  2009,  Metodologi  Penelitian  Pengembangan(Developmental Research). Jember: UNEJ. Jegede, O. J. dan Okebukola, P. A. 2007. The relationshipbetween African traditional cosmology and students’ acquisition of a science process skill. International   Journal   of   Science   Education.13(1): 37-47.

Jegede, O. J. dan Okebukola, P. A. 2007. The relationship between African traditional cosmology and students’ acquisition of a science process skill. International Journal of Science Education. 13(1): 37-47

Justice, C., Rice, J., Warry W. 2009. Scientific Skill Development  –  Inquiry  Seminars  Can  Make A Difference: Evidence From A Quasi- Experimental Studi. International Journal For The  Scholarship  Of  Teaching  And  Learning,3(1): 1-23.

Paidi, 2007, Peningkatan Scientific Skill Siswa Melalui Implementasi Metode Guided Inquiry Pada Pembelajaran Biologi Di SMAN 1 Sleman, Laporan Penelitian, Yogyakarta: FPMIPA UNY.

Prasetyo, Z., Senam & Wilujeng, I. 2011. Pengembangan Perangkatpembelajaran    Sains    Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas Serta Menerapkan Konsep Ilmiah  Peserta Didik SMP. Laporan Penelitian Yogyakarta: PPs UNY.

Sanjaya Wina, 2012, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Rawamangun-jakarta: Kencana Perdana Media Group

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunoto,   U.   2002,   Pendekatan   Ketrampilan   Proses Metode     Penemuan     Untuk     Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas 2C. Penelitian Tindakan Kelas Di  SMPN  3  Larangan.  Jurnal Metemetika dan Pembelajaran, 1(1): 29-35.

Wardani, S., Widodo, A. & Priyani, N. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berorientasi Problem-Based Instruction. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1): 391-399.

PDF Page:  639-650

Terbit: Desember 2020

BAGIKAN