Model Pembelajaran Project Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

258

Yayuk Mukhayatin
Guru MAN 1 LAMONGAN
Jln Veteran No. 43 Lamongan
diterima : 23 Mei 2020
direvisi: 17 Juni 2020
disetujui : 25 Juni 2020

Abstraksi

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional memerankan bagian yang sangat penting. Selain digunakan sebagai media untuk berkomunikasi juga digunakan untuk menguasai teknologi yang perkembangannya menuntut kita untuk mempelajarinya lebih dalam. Pembelajaran bahasa Inggris harus mencakup 4 ketrampilan berbahasa yaitu : membaca (reading), menyimak (listening), berbicara (speaking), dan menulis (writing) secara terpadu salah satunya adalah edvertisment.

Membaca (reading) adalah salah satu keterampilan dari 4 keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dalam pengajaran bahasa Inggris. Namun yang terjadi didalam kelas ketika diberikan kegiatan membaca teks dan siswa diminta untuk memahami isi teks melalui pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh guru sangatlah jauh dari yang diharapkan. Hal ini disebabkan oleh beberapa sebab antara lain; (1) Teks yang diberikan adalah teks bahasa Inggris yang merupakan bahasa asing di Indonesia, sehingga pemahaman siswa akan kata perkata (Vocabulary mastery) yang digunakan untuk mengetahui isi bacaan sangatlah jauh dari yang diharapkan. (2) Karena vocabulary mastery pada siswa sangat minim membuat siswa tidak dapat memahami secara langsung informasi-informasi baik yang tersurat maupun yang tersirat didalam bacaan. (3) Dengan hanya membaca teks siswa tidak merasa senang sebagaimana tujuan pada kegiatan membaca.

Kita pasti setiap hari sering melihat iklan dimana-mana setiap harinya, entah itu di TV, Radio, Koran, Majalah, Banner, Baliho, Pamflet, Sosial Media, dan lain lain. Bukan main lagi sepertinya iklan sudah menjadi hal lumrah yang sehari-hari kita lihat dimanapun kita berada. Biasanya iklan berisi berita tentang produk, jasa, ataupun lowongan pekerjaan. Iklan dalam bahasa inggris disebut dengan Advertisement (disingkat menjadi Ads). Advertisement bertujuan untuk mengumumkan sesuatu agar banyak orang tertarik untuk membelinya atau menggunakannya dan tentu menambah kepopuleran dari produk tersebut. Iklan bisa berupa tulisan, Lisan, maupun Audio-Visual yang sering kita lihat di TV.

 

Referensi

Anni,C.T. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Anonim. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran SAINS Sekolah  Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depdiknas.

                      . 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning

(CTL). Jakarta: Depdiknas.

Arikunto,S. 2002a.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

                      . 2002b.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Asikin,            M.    2002.     Pembelajaran     Matematika     Berdasarkan     Pendekatan KonstruktivismedanContextualTeachingandLearning(CTL).Semarang: FMIPA (Makalah).

Arikunto, Suharsini., Suhardjono., Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas.  Jakarta : Bumi Aksara

  Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

  Djamarah, Bahri Syaiful. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

  Djamarah, Bahri Syaiful. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : PT Rineka Cipta.

  Hidayatulla Taufik.A.2008. Cepat Menguasai AutoCAD 2008.Jakarta.MediaKom.PT

               Kanginan Marthen. 2007.   untuk. Jakarta : Erlangga.

  Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara. 

  Jurnal Ilmu Pendidikan Nomor 2 tahun ke 27. Universitas Negeri Malang, Juli 2000.

  Makmun, Abin Syamsuddin. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

  Moleong, Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

  Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya

  Muhibbin, Syach. 1995. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta : Erlangga  Nana Sudjana. 1992. Pnelitian Hasil Proses Belajar Mengajar.  Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

  Nana Sudjana dan Rivai Ahmad. 1997.Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru.

  Purwadarminta. 1986. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Bahasa

  Reddick, Randy dan King Elliot. 1996. Internet untuk Wartawan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

  Sadiman, Arief S., Rahardjo, R.  Haryono, Anung., Rahrdjito. 2006. Media Pendidikan Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

  Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

  Snell, Ned. 1996. Menjelajah Internet dan Windows 95. Jakarta : Andi.

  Soedijarto. 1993. Menuju Pendidikan yang Relevan dan Bermutu. Jakarta : Balai Pustaka.

  Sudjana, Nana., Rivai, Ahmad. 1997. Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru.

  Surakhmad, Winarno. 1986. Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar. Bandung : Tarsito.

PDF Page:  705-718

Terbit: Juni 2021

BAGIKAN