Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Gerak Harmonika

225

Zainul Arifin
Guru MAN 1 LAMONGAN
Jln Veteran No. 43 Lamongan
diterima : 22 Mei 2020
direvisi : 15 Juni 2020
disetujui : 25 Juni 2020

Abstraksi

Berdasarkan data empiris di MAN 1 Lamongan tercatat sebanyak 75 % siswa kelas XIIPA-3 tahun pelajaran 2018/2019 mengalami kesulitan belajar mapel fisika pada materi gerak harmonis. Hal ini terlihat dari kurangnya motivasi dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, yang selanjutnya berdampak pada hasil belajar siswa. Banyak siswa mengatakan bahwa pelajaran fisika sulit.

Penelitian ini berlangsung selama 3 siklus dengan jumlah tatap muka sebanyak 7 kali. Data setiap siklus diperoleh melalui kuesioner motivasi, respons siswa terhadap materi kegiatan belajar mengajar, nilai hasil post-test serta catatan hasil pengamatan selama penelitian. Dari analisis data diperoleh nilai post-test siswa pada masing-masing siklus, yaitu : Siklus I rata-rata 6,2; Siklus rata-rata II 6,9; dan Siklus rata-rata III 7,47. Sedangkan motivasi dan keaktifan siswa dari siklus ke siklus cenderung positif.

Dengan demikian penerapan eksperimen, demokrasi yang divariasi dengan metode tanya jawab dan pemberian tugas serta pendekatan STS selama penelitian dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa belajar fisika yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

Referensi

Arikunto, Suharsimi, 1996, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Budi Aksara, Jakarta.

______________, 1992, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan, Renica Cipta, Jakarta.

Aswar, Saifudin, 1997, Tes Prestasi, Liberty, Yogyakarta.

Furchan, Arif, 1998, Metodologi Research Jilid I, Fak. Psikologi UGM, Yogyakarta.

___________, 1993, Metodologi Research Jilid II, Fak. Pskikologi UGM.

Hamalik, Oemar, 1990, Metodologi Pengajaran Ilmu Pendidikan, Mandar Maju, Bandung.

Moedjiono, 1990, Psikologi Pendidikan Anak, Renika Cipta, Jakarta.

Nursito, 1993, Psikologi Belajar, Liberty, Yogyakarta.

Roestiyah, 1993, Diktatik Metodik, Ina Aksara, Jakarta.

Sidirjo, 1994, Metode Pemberian Tugas, Erlangga Surabaya.

Surachman, Winarno, 1992, Dasar Tehnik Research, Tarsito, Bandung.

Soejianto, Agus, 1991, Bimbingan Kearah Belajar Yang Sukses, Renika Cipta, Jakarta.

Supriyono, Widodo, 1990, Psikologi Belajar, Renika Cipta, Jakarta.

Sutrisno, dkk, 1994, Buku Pedoman Pendidikan, Puslit IKIP PGRI Surabaya, Surabaya.

PDF Page:  685-703

Terbit: Desember 20202

BAGIKAN