Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Seni Rupa Poster Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dengan Pendekatan Joyful Learning Pada Siswa

226

Moch.Masluck
Guru MAN 1 LAMONGAN
Jln Veteran No. 43 Lamongan
diterima : 13 April 2020
direvisi : 9 Mei 2020
disetujui : 25 Juni 2020

Abstraksi

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya kelas XI MIPA 7 MAN 1 Lamongan tahun pelajaran 2019/2020 dengan materi seni rupa poster melalui pendekatan Joyful Learning.Penelitian ini berbentuk deskriptif komperatif dilaksanakan di MAN 1 Lamongan dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 7 terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan.

Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari  dua siklus. Pada siklus I pembelajaran dilakukan di dalam kelas dengan tema karya yang sudah ditentukan, sedang siklus II, pembelajaran dilakukan di luar kelas dengan tema bebas. Pada masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan penelitian; perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisa secara deskriptif komperatif dilanjutkan refleksi. Deskriptif komperatif dilakukan dengan membandingkan data kondisi awal, siklus 1 dan siklus 2, baik untuk aktivitas belajar dan hasil belajar.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Metode Joyfull Learning menjadikan aktivitas belajar seni budaya mengalami peningkatan dari rerata skor 3.2 pada kondisi awal menjadi 4.2 pada kondisi akhir, berarti meningkat 1. Persentase jumlah siswa dalam kategori aktivitas belajar baik meningkat dari 30% menjadi 90%, berarti meningkat 60%. Hasil belajar mengalami peningkatan dari rerata 58 pada kondisi awal menjadi 83 pada kondisi akhir, berarti meningkat 75. Persentase jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat dari 37% menjadi 93%, berarti meningkat 56%. Dengan demikian metode Joyfull Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar seni budaya materi berkarya seni rupa dua dimensi membuat poster bagi siswa kelas XI MIPA 7 Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan pada semester 3 tahun pelajaran 2019/2020.

 

Referensi

Adi Kusrianto.2007.Pengantar Desain Komunikasi Visual.Yogyakarta: Andi Offset.
Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Pembelajaran . Bandung: Sinar Baru Algesindon.
Agus Akhmadi. 2015. Pendekatan Saintifik Model Pembelajaran Masa Depan. Yogyakarta;Araska Publisher
Depdiknas.2002.KurikulumBerbasisKompetensi.Jakarta:Depdiknas.
Darmansyah. 2011.Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor. Jakarta. Bumi Aksara
Koleksi Pribadi Peneliti . 2000-2008. Ragam hias Indonesia/kumpulan gambar karya anak nusantara.
Melvin, L. Siberman. 2004. Aktif Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa.
Nurhadi, dkk. 2002. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/L) dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).
Ridwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Surakhmad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.
Syaiful,B.2000.GurudanAnakDidikdalamInteraksiEdukatif.Jakarta:Rineka.

PDF Page:  667-684

Terbit: Desember 2020