Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Melalui Media Pembelajaran Interaktif Mentimeter Pada Mata Pelajaran Ekonomi

11

Suliswanto
sulisapril338@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jalan Veteran Nomor 43 Lamongan

Naskah :
Diterima : 15 April 2021
Direvisi : 23 April 2021
Disetujui : 25 Mei 2021

Abstraksi

Penelitian ini dilaksanakan berawal dari keprihatinan peneliti melihat situasi pandemi yang belum juga selesai sehingga mengakibatkan keterbatasan guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran serta turunnya motivasi belajar hingga kurang aktif dalam proses belajar mengajar secara daring karena media yang digunakan dalam pembelajaran kurang interaktif dan kurang efektif. Penelitian dilakukan di MAN 1 Lamongan beralamatkan di Jalan Veteran No. 43 Lamongan, tepatnya pada kelas XI IPS 1 mata pelajaran ekonomi pada materi pendapatan nasional dengan menggunakan Media Pembelajaran Mentimeter berbasis website untuk menunjang pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaksimalkan keaktifan, motivasi dan hasil belajar siswa peserta didik dengan menerapkan media pembelajaran interaktif Mentimeter sebagai media alternatif dalam pembelajaran daring. Penelitian menggunakan desain True Experiment Design dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas XI. IPS 1 dan XI. IPS 3 yang berperan sebagai kelas eksperimen serta kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, pengamatan, kuesioner, serta pretest maupun post test. Pengolahan data menggunakan bantuan Excel dan SPSS versi 26 mendapatkan hasil uji Independent Sample T-Test motivasi sebesar 0,281 > 0,05 membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk keaktifan dengan nilai 0,483 > 0,05. Nilai signifikansi 0,0 < 0,5 pengujian Mann Whitney membuktikan bahwa nilai post test siswa kelas eksperimen dan kontrol memiliki perbedaan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 84,00 dan kelas kontrol 76,50.

Referensi

Hamalik, O., 2011. Proses Belajar Mengajar. Jl. Sawo Raya No. 18 Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ismawanto,2020. Ekonomi kelompok Peminatan Ilmu-ilmu Sosial. Solo: Putra Kertonatan

KemenagRI, 2020. Efektivitas Pembelajran Daring di Masa Pandemi Covid-19 [WWW Document].<https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita efektivitas-pembelajaran-daring-dimasa-pandemi-covid-19> [Diakses 5 Mei 2021].

Lestari, A., 2019. The Effectiveness Of Using Kahoot Application In Teaching Vocabulary (A Quasi Experimental Research on the Seventh Grade Students of SMP N 7 Salatiga in the Academic Year of 2019/2020). pp.91.

Razif, C., 2018. Bagaimana menggunakan aplikasi Mentimeter dalam pengajaran – Cikgu Siber [WWW Document]. (Diakses 5 Mei 2021). Sudjana, N., 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Sugiyono, 2017. Statistika Untuk Penelitian, 28th ed, 28. Bandung: Alfabeta.

Sari Kartika, Yunita Novasari, 2020. Ekonomi untuk SMA/MA, Yohyakarta: Intan Pariwara

Sugiyono, 2016. metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Widiyanto, J., 2010. SPSS For Window untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP FKIIP- UMS

PDF Page:  909-916

Terbit: Desember 2021