Penerapan Metode Pembelajaran Stad Dapat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Interpretasi Citra Penginderaan Jauh

7

Suminto

sumintomanela@gmail.com
Guru dan Waka Kurikulum
MAN 1 Lamongan
Naskah :
Diterima : 15 April 2021
Direvisi : 23 April 2021
Disetujui : 25 Mei 2021

Abstraksi

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IPS 3 Materi Interpretasi citra penginderaan jauh. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 3 Semester Genap MAN 1 Lamongan Tahun Pelajaran 2020/2021 melalui Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes (yaitu pre tes dan post tes pada setiap siklus) dan observasi terhadap aktivitas siswa secara langsung. Hasil tes berupa 5 butir soal untuk siklus I dan siklus II, semuanya valid. Dari penelitian Tindakan kelas ini diperoleh hasil dalam bentuk peningkatan aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II sebesar 38,5%. Adapun hasil belajar siswa yang diukur dari nilai tes siswa pada siklus I dilanjutkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 75,6%. Jadi dari hasil ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IPS-3 pada materi interpretasi citra Penginderaan jauh setelah menggunakan Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD).

Referensi

Aqib Zainal. 2014. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya

Daryanto, Rahardjo.Muljo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Gatot. Harmanto 2017. Geografi Untuk Siswa SMS/MA Kelas XII Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Bandung: Yrama Widya

Hamalik Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Indarto. 2013. Sistem Informasi Geografi.Yogyakarta: Graha Ilmu

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu
Said Nur Isna dan Ricavela Lustia. 2020. Pegangan Guru Geografi Untuk SMA/MA Peminatan ilmu-ilmu sosial kelas XII. Yogyakarta: PT Intan Pariwara

Sanjaya Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Somantri. Lili dan Huda Nurul. 2016. Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Geografi 3 untuk SMA/MA Kelas XII Peminatan Ilmu-ilmu Sosial. Bandung: Grafindo Media Pratama

PDF Page:  837-848

Terbit: Desember 2021

SHARE