Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Isi Kandungan Ayat Al-Quran Dan Hadits

8

Khoirul Muthrofin
muthrofinagus@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jalan Veteran 43 Lamongan

Naskah :
Diterima : 01 Mei 2021
Direvisi : 08 Mei 2021
Disetujui : 05 Juni

Abstraksi

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi kandungan ayat al-Qur’an dan Hadits pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits, materi bahaya pergaulan bebas, khususnya di kelas XI MIPA 3 MAN 1 Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan oleh guru (pendidik) di kelas atau tempat ia mengajar yang terfokus pada penyempurnaan proses dan praksis pembelajaran. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kurt Lewin (1890- 1947) yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan kelas (acting), pengamatan (observating) dan refleksi (reflecting), dalam setiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data hasil belajar siswa diperoleh dengan memberikan tes (evaluasi) berupa uraian materi bahaya pergaulan bebas. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan persentase. Hasil observasi menunjukkan ada peningkatan prestasi belajar siswa dari 48% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Referensi

Darmawan. 2010. Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS di MI Darussaadah Pandeglang. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 10(2).

Fauzia, Hadist Awalia. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD’. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (1): 40–47. doi:10.33578/jpfkip.v7i1.5338.

Hamdani. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, Dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmadani, Rahmadani. 2017. ‘Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)’. Lantanida Journal7 (1): 75–86. doi:10.22373/lj.v7i1.4440.

Siregar, Siti Azhari. 2018. ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Leraning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas XI Di MA Hasanuddin Di Teluk Betung Bandar Lampung’. Skripsi, Lampung: UIN Raden Intan.

Suminto. 2018. Wawancara.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Cet. 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tamarli. 2017. ‘Penggunaan Media Gambar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn Materi Hak Azasi Manusia’. Jurnal Serambi Ilmu 18 (1): 33–40.

Taufiq, Agus. 2014. Pendidikan Anak Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Widodo, and Lusi Widayanti. 2014. ‘Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VII A MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013’. Jurnal Fisika Indonesia 17 (49). doi:10.22146/jfi.24410.

PDF Page:  865-875

Terbit: Desember 2021