Penerapan Model Pembelajaran Stad Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teks Ceramah Mapel Bahasa Indonesia

5

Isrowiyah
isrowiyah.iisra0203@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jalan Veteran Nomor 43 Lamongan

Naskah :
Diterima : 28 April 2021
Direvisi : 03 Mei 2021
Disetujui : 10 Juni 2021

Abstraksi

Pengajaran Bahasa Indonesia di sekolah bertujuan agar siswa dapat memperoleh kemampuan berpikir logis, kritis dan sistematis. Melalui pengajaran Bahasa Indonesia, diharapkan siswa mampu mengembangkan kemampuan untuk berpikir secara logis dan memiliki keterampilan berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya, pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah masih menggunakan sistem konvensional, di mana guru menerangkan, siswa mendengarkan dan mencatat serta pengerjaan tugas. Sehingga keterlibatan siswa di sini adalah keterlibatan pasif.         Mereka hanya menerima, mempelajari apa yang diperoleh di kelas. Agar tujuan pembelajaran mecapai sasaran dengan baik seperti tercantum dalam kurikulum, selain digunakan model pembelajaran yang sesuai, juga perlu adanya perangkat pembelajaran sesuai pula. Perangkat yang digunakan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang dirancang oleh peneliti yang memuat informasi berharga yang dibutuhkan guru, khususnya berbagai macam strategi dan metode serta sumber belajar yang ditempatkan pada halaman samping sehingga sangat mudah dilihat dan mudah dipahami. Keunggulan perangkat dalam penelitian ini dibandingkan dengan perangkat pembelajaran yang digunakan di sekolah selama ini khususnya MAN 1 Lamongan adalah kebutuhan siswa yang dimiliki tingkat kemampuan yang berbeda dapat ditangani. Untuk memenuhi kebutuhan seperti ini perangkat ini dilengkapi dengan alternatif strategi pengajaran, berupa buku panduan untuk seluruh siswa, buku guru, LKS (lembar kegiatan siswa), penguatan untuk siswa dengan kemampuan rata-rata, dan pengayaan untuk siswa di atas rata-rata.

Referensi

Amen, M.1987. Pendidikan Science. Yogyakarta: FKIE IKIP

Arends, R. 1997. Classroom Instruction and Management. New York: McGraw-Hill Companies

Arikunto, Suharsini. 1998. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bina Aksara.

Borich, G.D. 1984. Observation Skills for Effective Teaching. New York: Mcmilan Publishing Company.

Carin, A.A. 1993. Teaching Modem Science. New York: Mcmilan Publishing Company.

PDF Page:  877-894

Terbit: Desember 2021