Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share Pada Masa Pandemi Covid 19 Bagi Siswa

8

Sa’i
sairahim1972@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jalan Veteran Nomor 43 Lamongan

Naskah :
Diterima : 28 April 2021
Direvisi : 03 Mei 2021
Disetujui : 10 Juni 2021

Abstraksi

Tulisan ini tentang peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model kooperatif learning tipe Think Pair Share (Berpikir, Berpasangan, dan Berbagi) pada Siswa Kelas X MAN 1 Lamongan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis puisi menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas X MAN 1 Lamongan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif yang didesain melalui penelitian tindakan kelas (class room action research). Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MAN 1 Lamongan. Data penelitian adalah tindakan berupa respon tingkah laku guru dan siswa dalam interaksi pembelajaran menulis puisi di kelas. Sumber data penelitian ini adalah data guru dan siswa kelas X MAN 1 Lamongan dengan jumlah siswa 31 orang. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan tes. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan nilai siswa dengan menggunakan strategi kooperatif tipe TPS mengalami peningkatan, yaitu nilai rata -rata siswa pada siklus pertama adalah 71,22 meningkat pada siklus kedua menjadi 84,85. Indikator lain peningkatan tersebut dapat dicermati berdasarkan hasil belajar dari siklus I dan ke siklus II yang mengalami perubahan, terutama pada perubahan sikap dan nilai siswa dalam hasil belajar.

Referensi

____. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Akhadiah, Sabarti. 1997. Pembinaan Kemampuan Menulis. Jakarta: Erlangga

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Standar Kompetensin Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:

Arikunto, Suhrsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Basrowi & Suwandi. 2008. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta Belajar. Jakarta: Universitas Negeri Padang Berpikir. Jakarta: PT. Indeks

Depdiknas. 2006. Pemendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: BSNP

Depdiknas. Depdiknas. 2006a. KTSP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2006b. Silabus Mata Pelajaran Bahasa dan Sastgra SMP. Jakarta: Depdiknas.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA.

Iskandar, Wassid dan Dadadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Djafar, Tengku Zahara. 2001. Kontribusi Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Ebo, Among Kurnia. 2003. Sastra Titik Nadir. Jakarta: Erlangga

Fleisher, Paul. 2013. Nutrisi Otak 100+ Permainan yang Mengajarkan Anak-anak

Hamruni. 2012, Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

PDF Page:  895-907

Terbit: Desember 2021

SHARE