Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Redoks Melalui Penerapan Model Group Investigation

69

Elli Tri Puspita
ellitripuspita@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jl. Veteran No.43 Lamongan

Naskah :
Diterima : 20 November 2021
Direvisi : 25 November 2021
Disetujui : 01 Desember 2021

 

Abstraksi

Tujuan pembelajaran Kimia yang pertama adalah untuk melatih cara berfikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, misalnya melalui kegiatan penyajian, eksplorasi, eksperimen, menunjukkan, menunjukkan kesamaan, perbedaan, konsisten dan inkonsistensi. Kedua untuk mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi. intuinasi dan penemuan menggunakan, mengembangkan pemikiran divergen. orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan serta mencoba-coba. Ketiga yaitu mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. Sedangkan keempat adalah mengembangkan kemampuan informasi atau mengkomunikasikan gagasan antara lain melalui pembicaraan lisan, catatan grafik, peta, diagram dalam menjelaskan gagasan.
Untuk tujuan tersebut, penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dikembangkan oleh peneliti. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan melihat peningkatan hasil belajar siswa pada tahap pra-siklus, siklus I dan siklus II. Tindakan tersebut diberikan kepada tiga puluh satu siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar Kimia pokok bahasan redoks. Meningkatnya aktivitas dan prestasi belajar diikuti pula atas kenaikan nilai rata-rata yaitu 60,81 pada siklus I dan 85.03 pada siklus II begitu juga meningkatnya minat siswa tentunya tidak terlepas dari usaha usaha guru yang optimal penuh pengabdian yang kreatif dan inovatif.

Referensi

Depdiknas, 2000, Pendekatan Kontekstual, Jakarta, Depdiknas.

Depdiknas, 2001, Petunjuk teknis Pembuatan AR. Buletin Pelangi Pendidikan Volume 4 No. 2, Jakarta, Depdiknas Depdiknas, 2002,

Penelitian Tindakan Kelas, Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Kimia, Jakarta.

Lie, Anita, 1999. Metode Pembelajaran Gotong-royong Citra Media: Surabaya.

Maesure, Siti, 1999. Penerapan Model Kooperatif, F.MIPA UNESA, Surabaya.

Muhamad Nur, 2000, Pengajaran Berpusat pada Siswa dalam Pengajaran, Unesa Press.

Muhamad Nur, 2000, Strategi-strategi belajar, Surabaya, Unesa Press.

Muslimin Ibrahim, 2000, Pembelajaran Kooperatif, Surabaya, Unesa.

Poerwadarminta, 1984, Kamus Umum bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka.

Rachmadiarti, Fida, 2001, Pembelajaran Kooperatif. Depdikbud: Jatim.

Soeparman, Kardi, 2000, Pengantar pada Pengajaran Kelas Surabaya, Unesa Press.

Usman MU (1994), Menjadi Guru Profesional, Bandung Remaja Rosda

PDF Page:  987-997

Terbit: Juni 2022