Model Implementasi Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Agama Islam

402

Roli Abdul Rokhman
roliarohman@gmail.com
Guru MAN 1 Bojonegoro

M. Zainul Arifin
zainularifin@gmail.com
Guru MAN 1 Bojonegoro
Jalan Monginsidi No.160, Sukorejo Kidul, Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur

Naskah:
Diterima : 01 September 2021
Direvisi : 08 Oktober 2021
Disetujui : 02 Oktober 2021

Abstraksi

Sebagaimana lazimnya, proses dan hasil penilaian yang tidak menyeluruh menjadi sebab lemahnya sistem penilaian pendidikan, sehingga berdampak pada melemahnya motivasi dan kreaktifitas belajar peserta didik. Penilaian portofolio sebagai alternative sistem penilaian autentif dan menyeluruh yang dapat meningkatkan spirit dan kreatifitas belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran agama Islam di Madrasah Aliyah. Subjek penelitian ini adalah waka kurikulum,
waka kesiswaan, guru-guru agama, wali peserta didik, pembimbing akademik dan alumni yang terpilih. Analisis data studi kasus dilakukan melalui tahapan: mengumpulkan data, menganalisis data, interpretasi data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengorganisasian penilaian portofolio dilakukan dalam dua tahap yaitu; pertama, penilaian tahap indicator, dan kedua, penilaian tahap artifak. Proses penilaian portofolio dilakukan melalui empat tahap yaitu; 1)tahap mengumpulkan bukti hasil karya;2)tahap memilih bukti hasil karya; 3)tahap refleksi karya, dan 4)tahap pameran hasil karya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan model penerapan penilaian portofolio yang efektif dan efisien untuk meningkatkan motivasi dan kreatifitas belajar peserta didik dalam menjalani proses pembelajaran agama Islam.

Referensi

Adidrana, Demi, Arie Lumenta, Brave Sugiarso, and Virginia Tulenan. 2013. “Perancangan Kartu Nama Dengan Augmented Reality Sebagai Portofolio Digital.” Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer Unsrat. doi: /Akses Internet: 30 Oktober 2018.

Appe, Usman. 2012. “Konsep Pembelajaran Sejarah Dengan Penilaian Portofolio Pada SMA Di Kabupaten Morowali Dan Buol Provinsi Sulawesi Tengah.” (2):49–57. doi: /Akses Internet: 15 Pebruari 2019.

Arif., Muh. 2015. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pandangan Al-Quran (Studi QS Luqman: 12-19).” Irfani. doi: /Akses Internet: 02 Mei 2019.

Asep Kurniawan. 2013. “Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Episemologi Filsafat Islam Modern.” Jurnal Studi Keislaman. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004/Akses Internet: 02 Desember 2018.

Bimbing, Pratiwi, Supardi Nani, and Rizan Machmud. 2014. “Analisis Pembentukan Portofolio Optimal Menggunakan Model Indeks Tunggal.” KIM Fakultas Ekonomi & Bisnis. doi: https://doi.org/10.1016/j.bjorl.2017.08.010/Akses Internet: 30 Oktober 2018.

Creswell, John W. 2012. Educational Research : Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. FOURTH EDI. edited by P. A. Smith. Boston America: PEARSON.

Dewi, Puput Novia, and Jenny I. S. Poerwanti. 2014. “Penerapan Penilaian Portofolio Dalam Asesmen Perkembangan Motorik Halus Anak Di TK Se-Gugus Arjuna Kecamatan Jatipurno.” PAUD Universitas Negeri Sebelas Maret 11(Assessment Perkembangan Motorik):8. doi: /Akses Internet: 15 Pebruari 2019.

Faqih, AR. 2001. “Penerapan Bimbingan Dan Konseling Islami Di Sekolah.” UII. Yogya. doi: /Akses Internet: 02 Desember 2018.
Harun, Cut Zahri. 2013. “Manajemen Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Karakter,. doi: 10.4018/978-1-4666-6030-4/Akses Internet: 02 Desember 2018.

Hidayati. 2014. “Manajemen Pendidikan, Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan,.” Jurnal Al-Ta ’ l. doi: /Akses Internet: 02 Desember 2018.

Indah Kusuma, Adevia. 2017. “Strategi Manajemen Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan.” JURNAL JPSD ( Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar ). doi: 10.26555/jpsd/Akses Internet: 02 Desember 2018.

Jailani, USM Aceh. 2012. “Rancangan Model Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Di Sekolah.” Ilmiah Didaktika XII(Desain Portofolio):232–44.

Juliyanti, Irawan Muhammad Isa, and Mukhlash Imam. 2011. “Pemilihan Guru Berprestasi Menggunakan Metode Ahp Dan Topsis.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian Pandidikan Dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta. doi: /Akses Internet: 30 Oktober 2018.

Kurniawan, A. Amali. 2012. “Implementasi Penilaian Berbasis Portofolio Di Taman Kanak-Kanak (TK) Kibar, Grojogan, Bantul, Yogyakarta.” Penelitian Paska UIN Sunan Kalijogo Yogjakarta 5(1):67–83. doi: /Akses Internet: 10 Pebruari 2019.

Legowo, Edy. 2017. “Model Pembelajaran Berbasis Penstimulasian Multiple Intelligences Siswa.” Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling. doi: /Akses Internet: 30 Oktober 2018.

Lestariani, Sujadi, Pramudya, and Kusmayadi Zahra. 2018. “The Implementation of Portfolio Assessment by the Educators on the Mathematics Learning Process in Senior High School.” ICosSMMEE;Jouurnal Of Physics. doi: /Akses Internet: 15 Pebruari 2019.

M, Wahyudi. 2018. “Penilaian Portofolio Sebagai Bentuk Penghargaan Guru Terhadap Hasil Belajar Dan Karya Siswa.” Penelitian Universitas Kristen Saatya Wacara (July). doi: /Akses Internet: 10 Pebruari 2019.

Mamat, Arifin, and Adnan Rashid. 2013. “Aplikasi Nilai-Nilai Murni Berlandaskan Tema Luqman Al-Hakim Di Dalam Al-Qur ’ an Sebagai Asas Pendidikan.” Jurnal Sosiohumanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan. doi: /Akses Internet: 28 September2018.

Moeljadi Pranata. 2004. “Portofolio: Model Penilaian Desain Berbasiskan Konstruktivistik.” Nirmana 6(1992):63–81. doi: //Akses Internet: 25 Pebruari 2018.

Nurjanah, Ida. 2018. “Paradigma Humanisme Religius Pendidikan Islam ( Telaah Atas Pemikiran Abdurrahman Mas‟ud ).” Miskkat 03(1):155–70. doi: /Akses Jurnal: 26 Pebruari 2019.

Othman, Zuraidah binti. 2014. “Pendidikan Integratif Dalam Islam-Kesepaduan Iman,Ilmu Dan Amal.” Al-Muqodimah-Universitas Malaya Kuala Lumpur 2(2):21–45. doi: /Akses Internet: 01 Maret 2019.

Patandean, A. J., and Jurusan Fisika. 2014. “Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Inquiry Terbimbing.” Sain Dan Fisika 10(pendidikan):255–62. doi: /Akses Internet: 15 Pebruari 2019.

Pranata, Moeljadi. 2014. “Portofolio Sebagai Model Penilaian Desain Berbasiskan Konstruktifistik.” Peneelitian UK-Petra 6(Portofolio):63–81. doi: /Akses Internet: 15 Pebruari 2019.

Pranata, Moeljadi. 2017. “Portofolio Model Penilaian Desain Berbasiskan Kontruktivistik.” Penelitian Universitas Kristen Petra 02(Portofolio):14. doi: /Akses Internet: 02 Desember 2018.

Robert K. Yin. 2009. Case Study Research Design and Methods Fourth Edition. Vol. 5. 9th ed. edited by K. Willcy. Thousand Oaks, California: Sage Publications.

Robert K. Yin. 2011. Qualitative Research from Star to Finish. Vol. III. 3rd ed. edited by C. Miranda. New York: The Guilford Press.
Santoso, Budi. 2007. “Penilaian Portofolio Dalam Matematika.”

JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA 1(1):20–35. doi: /Akses Internet: 30 Oktober 2018.

Suardana, I. kade. 2007. “Penilaian Portopolio Dalam Pembelajaran Físika Berbasis Inquari Terbimbing Di Smp Negeri 2 Singaraja.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan. doi: 10.1016/j.fct.2010.06.056/Akses Internet: 30 Oktober 2018.

Suherman, Erman. 2007. “Implementasi Asesmen Portofolio Dalam Pembelajaran Di Sekolah Unggul.” Educare: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Budaya. doi: 10.1080/14725860008583817/Akses Internet: 30 Oktober 2018.

Sukitman, Tri. 2012. “Implementasi Pendidikan Karakter Berwawasan Sosiokultural.” Jurnal Pelopor Pendidikan. doi: /Akses Internet: 02 Desember 2018.

Tisngati, Urip. 2016. “Paradigma Rasional Empirik Obyektif: Tinjauan Filosofis Dan Teoritis Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Kedua.” Penelitian Universitas Negeri Yogjakarta V(1):27. doi: /Akses Internet: 24 Pebruari 2019.

Tri, Meila, Peranan Penilaian, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, and M. Si. 2009. “Peranan Penilaian Portofolio Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Pembelajaran PKn Di SDN BI Tlogowaru Malang .” doi: /Akses Internet: 10 Pebruari 2019.

Wahyudi. 2013. “Pembelajaran, Asesmen Portofolio, Berbasis Sekolah, Di Sekolah-Mastery Learning ).” Visi Ilmu Pendidikan 17(Assessment):288–97. doi: /Akses Internet: 10 Pebruari 2019.

Youllia Indrwaty, Andriana, Restu Adi Prasetya. 2011. “Implementasi Metode Simple Additive Weighting Pada Sistem Pengambilan Keputusan Sertifikasi Guru.” Informatika. doi: /Akses Internet: 30 Oktober 2018.

PDF Page:  917-931

Terbit: Juni 2022

BAGIKAN