Model Supervisi Akademik Kepala Madrasah Melalui Strategi ABIS Berbasis Pembelajaran Abad 21

49

Dra. Ida Safiaturahma, M.Pd.I
ida.syams@gmail.com
Pengawas Kemenag Lamongan
Jl. Veteran No.10, Dapur Timur, Banjarmendalan, Lamongan

Naskah :
Diterima : 05 September 2021
Direvisi : 18 Oktober 2021
Disetujui : 10 Oktober 2021

Abstraksi

Tulisan ini merupakan hasil penelitian tentang peningkatan kompetensi kepala madrasah dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran berdasarkan Juknis Nomor 624 Tahun 2021. Penelitian ini dilakukan dalam rangka mencari model alternatif supervisi akademik kepala Madrasah melalui Strategi ABIS Berbasis Pembelajaran Abad 21 sebagai role model Madrasah Reform. Diharapkan tulisan ini bukan hanya memberi rumusan peningkatan kompetensi kepala madrasah dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran, tetapi juga bagi guru dalam meningkatkan kualitas dan keterampilannya. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi ABIS memiliki dampak positif pada peningkatkan kemampuan kepala madrasah dalam supervisi pembelajaran terhadap guru. Ini dapat dilihat dari semakin tingginya pemahaman kepala madrasah, yang diukur dari nilai rata-rata hasil postest kepala madrasah meningkat jadi 70,9 dari pretestnya sebesar 46,4. Kemampuan kepala madrasah melaksanaan supervisi pembelajaran juga meningkat dari nilai rata-rata 59 pada siklus I, naik jadi 72,6 pada siklus II. Hal ini secara tidak langsung berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran abad 21.

Referensi

Peraturan Menteri Agama Nomor 58 Tahun 2017 tentang Kepala Madrasah

Keputusan Menteri Agama Nomor 264 Tahun 2021 tentang Pedoman Supervisi Pembelajaran Pada Madrasah

Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 6334 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Supervisi Pembelajaran Pada Madrasah Ibtidaiyah

Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 6335 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Supervisi Pembelajaran Pada Madrasah Tsanawiyah

Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 6336 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Supervisi Pembelajaran Pada Madrasah Tsanawiyah

Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 1815 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 3036 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penjaminan Mutu, Pemantauan dan Evaluasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, 2013, M.Pd, Supervisi Pembelajaran Dan Pengembangan Kapasitas Guru, Bandung: Alfabeta

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, 2016, Supervisi Akademik,

Purwanto, M. Ngalim. 2013 Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sahertian, Piet A. 2011. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia.Jakarta: PT Rineka Cipta

Undang-undang No 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.

PDF Page:  933-946

Terbit: Juni 2022