Implementasi Muatan Lokal Tahfiz Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Program Unggulan Ilmu-Ilmu Keagamaan Man 1 Lamongan

2

Ainun Shoffah
safazeny@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jl. Veteran No.43 Lamongan

Naskah :
Diterima : 10 Maret 2022
Direvisi : 20 April 2022
Disetujui : 10 Mei 2022

 

Abstraksi

Karya ilmiah ini membahas Implementasi Muatan Lokal Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Program Unggulan Ilmu-Ilmu Keagamaan MAN 1 Lamongan. Penelitian dilakukan di MAN 1 Lamongan sebagai tempat pendidikan bagi siswa Program Unggulan Ilmu-Ilmu Keagamaan MAN 1 Lamongan. Penulis merumuskan masalah penelitian terkait implementasi muatan lokal tahfidz Al-Qur’an, upaya-upaya yang dilakukan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, dan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi mulok tahfidz di Program Unggulan Ilmu-ilmu Keagamaan MAN 1 Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian menggunakan informasi yang bersifat menerangkan dalam bentuk uraian. Data yang ada diwujudkan dalam bentuk suatu penjelasan yang menggambarkan keadaan, proses, dan peristiwa tertentu. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa implementasi muatan lokal tahfidz Al-Qur’an adalah pelaksanaan kegiatan pembelajaran menghafal Al-Qur’an di program unggulan Ilmu-ilmu Keagamaan MAN 1 Lamongan yang masuk dalam program olimpiade yang menjadi salah satu program unggulan di MAN 1 Lamongan. Siswa yang masuk program ini diwajibkan menghafal minimal 5 juz selama belajar di MAN 1 Lamongan. Dengan adanya kegiatan tahfidz Al-Qur’an ini siswa yang lulus memilki kompetensi di bidang akademik sebagaimana siswa program unggulan lainnya dan memilki kelebihan dalam bidang tahfidz Al-Qur’an yang tidak dimiliki oleh program unggulan lainnya yang ada di MAN 1 Lamongan. Siswa merasakan banyak manfaat yang didapat dari kegiatan menghafal Al-Qur’an, salah satunya yaitu mereka merasa lebih mudah memahami dan cepat menghafal materi-materi yang diperoleh dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan muatan lokal tahfidz Al-Qur’an dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di program unggulan Ilmu-ilmu Keagamaan MAN 1 Lamongan
Kata kunci: Implementasi, Muatan Lokal, Tahfidz, Al-Qur’an

Referensi

Al-Qur’an dan Terjemah. 2013. Mushaf Fami bi Syauqin. Tangerang: Forum Pelayan Al- Qur’an.

Abdul Azis, Abdul Rauf, Al Hafidz. 2004. Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an Da’iyah. Bandung: PT. Syamil Cipta Media.

—————-, 2004. Membangun Kepribadian Qur’ani. Jakarta: Global Media.

Alawiyah Wahid, Wiwi. 2012. Cara cepat Bisa Menghafal Al-Qur’an. Jogjakarta: Diva Press.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidik. Jakarta: Bumi Aksara.

Bin Abdul Karim Al-Lahim, Khalid. 2009. Mengapa Saya Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara

Dakir. 2010. Perencanaan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta. Rineka Cipta.

Dariyo, Agoes. 2013. Dasar-Dasar Pedagogi Modern. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.

Dirjen Binbaga Islam Departemen Agama RI. 1999/2000. Sejarah Perkembangan Madrasah, Cet II, Edisi Revisi.

Firdah Rajak, Putri. 2017. Implementasi Program Tahfidz Juz 29 di Madrasah TsanawiyahNegri 2 Ciganjur Jakarta Selatan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SyarifHidayatullah Jakarta.

Idi, Abdullah. 2016. Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Lexy, Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lutfi, Ahmad. 2009. Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Mustafa Yaqub, Ali. 2018. Nasihat Nabi kepada Pembaca dan Penghafal Al- Qur’an. Tangerang: Yayasan Wakaf Darus Sunnah.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Nur, Subhan. 2012. Energi Ilahi Tilawah. Jakarta: Penerbit Republika.

N Cahyo, Agus. 2011. Penjelasan-Penjelasna Ilmiah Tentang Dhasyatnya Manfaat Ibadah Harian Untuk Kesehatan Jiwa dan Fisik Kita. Yogyakarta: Diva Pres.

Qoyyimah, Siti. 2013. Pengaruh Program Unggulan Terhadap Kualitas Baca Tulis Al Qur’an Siswa Kelas 8 International Class Progame di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif 1 Wonoayu Sidoarjo. Skripsi. Suabaya: UIN Sunan Ampel.

Sakho Muhammad, Ahsin. 2017. Menghafalkan Al-Qur’an Manfaat dan Keutamaan, Keberkahan, dan Metode Praktisnya. t.t. PT Qaf Media Kreatifa.

Umam, Saiful. 2011. Implementasi Program Tartil dan Tahfidz di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Kudus. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negri Walisongo.

Umar. Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di SMP Lukman Al-Hakim, Skripsi. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya.

W, Ahsin. 2009. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yunus, Mahmud. 2007. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: PT Mahmud Yunus Wa Dzurriyah.

Zakiyatush Sholikhah, Siti. 2016. Program Tahfidzul Qur’an di SD Al-Azhar 16 Cilacap. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negri Purwokerto.

Zamzani, Zaki dan M.Syukron Maksum, 2009. Menghafal Al-Qur’an itu Gampang. Yogyakarta: Mutiara Media.
————, 2014. Metode Cepat Menghafal Al- Qur’an. Jakarta: PT Argo Media Pustaka

 

PDF Page:  1117-1128

Terbit: Desember 2022