Rouf Baydhowi
roufbaydhowi@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jalan Veterran 43 lamongan
Naskah :
Diterima : 2 Maret 2022
Direvisi : 20 April 2022
Disetujui : 28 Mei 2022
Abstraksi
Pendidikan agama dalam rumah tangga adalah pendidikan pertama dan utama, karena pendidikan agama di rumah tangga itulah yang mempunyai waktu terbanyak, dibandingkan dengan pendidikan di lembaga-lembaga lain, seperti di masyarakat, rumah ibadah, maupun di sekolah dalam mengembangkan ilmu keagamaannya. Pendidikan agama di masyarakat hanya berlangsung beberapa jam saja setiap minggu. Jadi waktu yang paling luang adalah pendidikan agama di rumah, karena ini hal yang paling penting dan harus dilakukan orang tua untuk mendidik anaknya.
Pendidikan agama (islam) dalam keluarga, adalah sangat penting dan mutlak harus dilakukan oleh kedua orang tuanya sejak dini sampai dewasa. Lebih-lebih kalau kita ingat bahwa keluarga adalah sebagai pusat pendidikan yang pertama dan utama, bahkan juga berfungsi sebagai peletak dasar pembentukan pribadi anak , sesuai dengan hadits Nabi bahwa “setiap anak yang dilahirkan itu telah membawa potensi untuk beragama tauhid, maka kedua orang tuanyalah yang menjadikan anak itu beragama Yahudi, Nasrani atau Majusi”.
Konsepsi Ahmad Tafsir tentang kurikulum pendidikan agama dalam rumah tangga, merupakan salah satu nilai dasar yang perlu dipelihara dan dikembangkan oleh umat Islam, terutama oleh para orang tua dalam mendidik anaknya. Bukankah orang tua merupakan pendidik pertama dan utama? Jika dalam satu rumah tangga tinggal tiga generasi, maka berarti pendidik anak ada di dalam rumah tangga itu, selain ayah dan ibunya, juga kakek dan neneknya, dan mungkin paman bibinya. Karena pendidikan harus dimulai sejak anak berada dalam kandungan, maka calon ayah dan calon ibupun sudah menjadi pendidik.
Kata kunci: konsep, kurikulum pendidikan agama, rumah tangga
Referensi
Ahmadi. Sosiologi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 2004.
Arifin, Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2005.
——————–, Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis, Jakarta : Bumi aksara, 2003.
Aqib, Zainal. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah, Bandung : Ypama Widya, 2007.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta, 1998.
Asy Sya‟rawi, Mutawalli, Syaikh. 442 Persoalan Umat, Jakarta : Cendekia, 2001.
Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Sosial Format Kuantitatif Kualitatif, Surabaya : Airlangga University Press, 2001.
——————–, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta : Prenada Media, 2005.
Darajat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2004.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Surabaya : Mahkota, 1989.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 2005.
Gunawan. Sosiologi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 2000.
Hasbullah. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1999.
Misykim. Keluarga Sakinah, Bogor : Cahaya, 2004
Mudyahardjo, Redja. Filsafat Ilmu Pendidikan, Bandung : Rosdakarya, 2004.
Mu‟thi, Abdul. Menjadi Kepala Rumah Tangga Yang Berhasil, Jakarta : Qisthi Press, 2005.
Nasution. Teknologi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2005.
——————–, Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta : Bumi Aksara, 1995.
Nata, Abuddin. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta :
Raja Grafindo Persada, 2000.
——————-, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Logos, 2001
——————-, Metodologi Studi Islam, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2006.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia, 2006.
Raharjo, Mudjia. Quo Vadis Pendidikan Islam, Malang : UIN Malang Press, 2006.
Razak, Nasruddin. Dienul Islam, Bandung : Al-Ma‟arif, 1973.
Suhertian, Pieta. Supervisi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 2000.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2007.
Suryana, Toto, dkk. Pendidikan Agama Islam, Bandung : Tiga Mutiara, 1996.
Susilo, Joko. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2007.
Suwendi. Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung : Rosdakarya, 2004.
Tafsir, Ahmad. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung : Rosdakarya, 2004.
—————–, Ilmu Pendidikan Dalam Prespektif Islam, Bandung : Rosdakarya, 2005.
—————–, Filsafat Ilmu, Bandung : Rosdakarya, 2004.
Ubiati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam, Bandung : Pustaka Setia, 1998.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU-RI.No.20 Th. 2003), Jakarta : CV. Minijaya, 2003.
Usman M. Basyiruddin. Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta : PT. Ciputat Press, 2002..

Terbit: Desember 2022