Mencetak “Bunda Modiis” Melalui Rumah Moderasi Beragama

2

Dra. Ida Safiaturahma, M,Pd.I
ida.syams@gmail.com
Pengawas Tingkat MA
Jl. Veteran No.10 Lamongan

Naskah :
Diterima : 5 Maret 2022
Direvisi : 22 April 2022
Disetujui : 15 Mei 2022

Abstraksi

Sejak berlakunya Otonomi Daerah di Indonesia, intoleransi terus meningkat di berbagai daerah. Tentu ini mengancam kehidupan sosial beragama masyarakat Indonesia. Apalagi semakin maraknya konflik yang berujung terjadinya kekerasan, baik kekerasan dalam ranah agama, suku, keluarga maupun pada dunia pendidikan yang sangat rentan memicu isu-isu intoleransi dan radikalisme.
Rumah Moderasi Beragama kami gagas sebagai salah satu solusi atas potensi ancaman meningkatnya intoleransi itu. Jauhnya jarak yang harus saya tempuh sekitar tujuh jam dari rumah menuju Rumah Moderasi Beragama, tidak menyurutkan semangat berkumpul bersama agen guna belajar dan menambah wawasan tentang moderasi beragama yang biasa kami lakukan melalui program NGOPI TERKESIMA (Ngobrol Pintar Tentang Rencana Kegiatan Moderasi Beragam). Selanjutnya saya merangkul perempuan dari berbagai praktisi, etnis dan golongan yang tergabung dalam wadah “Agen Moderasi Beragama.”
Strategi di atas akan terwujud apabila perempuan sebagai agen moderasi beragama bersama dengan pelaku Pendidikan yang di dalamnya ada pengawas madrasah mampu menjadi inisiator untuk perdamaian. Tugas mulia tersebut akan terus berjalan dan berkembang seiring dengan masukan dan evaluasi yang terus menerus kami lakukan untuk perbaikan, sebagai persiapan penguatan untuk perluasan sasaran implementasi pada jenjang yang lebih luas, yaitu melalui kerja sama dengan DWP Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur serta DWP Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia, serta proses penyelesaian media implementasi yang dapat diakses secara digital melalui game online.
Kata kunci: Mencetak, Bunda Modis, Rumah Moderasi Beragama

Referensi

1. Al-Ummu madrasatul ula, iza a’dadtaha a’dadta sya’ban thayyibal a’raq, Kompasiana,14 Juni 2021

2. Perempuan dan Pencegahan Ekstremisme: Membaca Tren Baru, Kompas, Jakarta, Senin, 9/3/2020

3. Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini, Siti Fadjryana Fitroh,
Evi Dwi Novita Sari, Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, Volume 2, Nomor 2, Oktober 2015, hal 76-149 Universitas Trunojoyo Madura,

4. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Lagu Anak, Genios jurnal Indonesian jurnal of early childhood education, volume 2 no.1 (2021)Author/Penul, is: St. Mislikhah

PDF Page:  1100-1104

Terbit: Desember 2022