Pembentukan Karakter Anak Dalam Qs. Luqman Ayat 12-19 Telaah Tafsir Al-Misbah

3

Khoirul Muthrofin
muthrofinagus@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jl. Veteran No.43 Lamongan

Naskah :
Diterima : 15 Maret 2022
Direvisi : 26 April 2022
Disetujui : 20 Mei 2022

 

Abstraksi

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi sebagian besar orang tua yang kurang memahami cara mendidik anak sebagaimana dicontohkan Islam dalam al-Qur’an. M. Quraish Shihab dalam kitab tafsirnya memberikan gambaran yang gamblang tentang metode pendidikan karakter bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang konsep edukasi moral yang terdapat pada Qur’an Surat Luqman ayat 12-19. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai keteladanan yang dijelaskan oleh M. Quraish Shihab dalam edukasi moral anak. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu dalam pemecahan suatu masalah didasarkan pada analisis kritis dan mendalam terhadap bahan pustaka yang relevan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Data yang digunakan adalah data primer dari kitab Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab. Sedangkan data sekunder berupa buku-buku penunjang yang berkaitan dengan edukasi moral. nilai edukasi ini mencakup pokok-pokok tuntunan agama yang meliputi akidah, syari’at dan akhlak.
Kata kunci: Edukasi, Moralitas, Tafsir al-Misbah

Referensi

Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad. 1964. Mizān al-‘Amal. Kairo: Dar al-Ma‘arif.

Ali, Mohammad, dan Mohammad Asrori. 2012. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aminah, Sri. 2020. ―Pentingnya Edukasi Moral untuk Siswa.‖ Poskita.Co (blog). 16 April 2020. https://poskita.co/2020/04/16/pentingnya-edukasi-moral-untuk-siswa/.

Departemen Agama RI. 2008. Al-Qur′an dan Tafsirnya. Vol. 7. Jakarta: Departemen Agama RI.

Langgulung, Hasan. 1980. Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Bandung: Alma‘arif.

Marimba, Ahmad D. 1996. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Alma‘arif.

Nufus, Fika Pijaki, Siti Maulida Agustina, Via Laila Lutfiah, dan Widya Yulianti. 2018. ―Konsep Pendidikan Birrul Walidain dalam QS. Luqman (31): 14 dan QS. Al-Isra‘ (17): 23-24.‖ Jurnal Ilmiah Didaktika 18 (1): 16–31. https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3082.

Rahmah, St. 2017. ―Peran Keluarga Dalam Pendidikan Akhlak.‖ Al-Hiwar : Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah 4 (6). https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v4i6.1213.

Shihab, M. Quraish. 1996. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.
———. 2002. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qurʾan. 1. Jakarta: Lentera Haiti.

———. 2007. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan Pustaka.

———. 2012. Tafsir Al-Lubab: Makna, Tujuan dan Pelajaran dari Surah-Surah al-Quran. Tangerang: Lentera Hati.

Sudirman, Muhammad Tang, dan Akhmad Riadi. 2020. ―Implikasi Paedagogis Alquran Surat Luqman Ayat 13-19 Tentang Materi Dasar Pendidikan Agama Islam.‖ JURNAL PENELITIAN 14 (2): 347–68. https://doi.org/10.21043/jp.v14i2.8139.

Suriani, Erma. 2016. ―Konsep Pendidikan Karakter Dan Moral Dalam Islam.‖ El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 15 (2): 171–82. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v15i2.290.

Suryadi, Rudi Ahmad. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Zainuddin, Syarif, ed. 2019. Sejarah Sosial dan Intelektual Pendidikan Islam. Batu: Literasi Nusantara

PDF Page:  1129-1140

Terbit: Desember 2022

BAGIKAN