Pengembangan Lks Ekonomi Berbasis Model Pembelajaran Stad Pada Materi Jurnal Umum Dan Khusus Akuntansi

2

Yekti Handayani
yektihandayanilamongan.gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jl. Veteran No.43 Lamongan

Naskah :
Diterima : 15 Maret 2022
Direvisi : 20 April 2022
Disetujui : 15Mei 2022

 

Abstraksi

Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pelajaran Ekonomi Akuntansi kelas XII SMA/MA. Kelayakan LKS ditinjau dari aspek kelayakan isi, aspek bahasa, aspek penyajian, dan aspek kegrafikan, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dari fase definition, design, development, dan diseminasi. Subyek uji coba melibatkan ahli baik materi, media, guru ekonomi, rekan kerja atau uji coba awal untuk mengetahui tingkat keterbacaan LKS di kelas XII-IPS MA Negeri Lamongan sejumlah 10 orang.
Pengumpulan data menggunakan angket yang merupakan validasi LKS dari ahli media, ahli materi, guru dan teman sebaya serta angket untuk menguji tingkat keterbacaan LKS mata pelajaran oleh siswa kelas XII-IPS, hasil angket tersebut digunakan untuk menguji validitas LKS serta kesesuaian penggunaan sebagai bahan dan model beajar. Hasil validasi dan uji coba awal (keterbacaan) ditabulasikan kemudian dihitung skor rata-ratanya dan dinilai berdasarkan kriteria serta dianalisis secara deskriptif kelayakan dan perlunya revisi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan ditinjau dari aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian, dan aspek kegrafikan yang baik menurut ahli media, ahli materi, guru, dan teman sebaya secara keseluruhan “baik” dan memenuhi syarat. untuk digunakan dalam pembelajaran ekonomi.
Kata kunci: Ekonomi, Model, Pembelajaran, STAD

Referensi

Abdul Kadir, Subaida. 2002. ”Perbandingan Pembelajaran Kooperatif dan Tradisional Terhadap Prestasi,Atribusi Pencapaian Konsep Kendiri Akademik dan Hubungan Sosial dalam Pendidikan Perakaunan”. Universiti Putra . Malaysia.

Aisyah, Mimin Nur & R., Hartatik Fitria. 2009. Ekonomi 3 : Untuk SMA dan MA Kelas XII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi VI). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2005. Pedoman Penyusunan LKS SMA. Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Pembinaan SMA. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Gokhale, A, A. 1995. Collaborative Learning Enhances Critical Thinking. Journal of Technology Education volume 7 Number 1.

Hamalik, Umar. 2005. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Hassoubah, Zaleha Izhab. 2008. Mengasah pikirin Kreatif dan Kritis. Bandung: Nuansa.

Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif., Surabaya:Universitas Negeri Surabaya. University Press.

Johnson, E.B. 2002. Contextual teaching and learning: What it is and why it’s here to stay. USA: Coewin Press.

Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo

Lubis, Irsan. 2007. Siklus akuntansi Perusahaan Dagang, ”www://pdffactory.com. Jakarta. Institute of Business Management Education. Diakses 15 Januari 2016,

Model Pembelajaran Kooperatif. 2007. http://arrusmath.files.wordpress.com. Dikases 15 Januari 2016.

Model Model Pembelajaran. 2008. http://www.muhfida.com. Diakses 12 Januari 2016.

Paul, R.W. dan Elder, W. 2008. Cirtical Thinking: Toolsfor taking chargeof your professional and personala life. New Jersey : Financial Time prentice hall upper saddle river.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. YogyakartaI Diva Press.

Riwidikdo, H. 2009. Statistika Untuk Penelitian Kesehatan dengan Aplikasi Program R dan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Rihama.

Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis: sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning itu Perlu; unruk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Schfersman, D. F. 1991. An Introduction to critical Thinking. http://www.freeinquiry.com/critical-thinking.html, diakses tanggal 15 Januari 2016

Sudjana, N. 2002. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, Akhmad. 2008. ”Cooperative Learning – Student Team Achievement Divisions” http://akhmadsudrajat.wordpress.com. Diakses 12 Januari 2016.

Sudrajat, Akhmad. 2008. ”Peran Guru dalam Proses Pendidikan. ”http://akhmadsudrajat. wordpress.com. Diakses 12 Januari 2016.

Suwardjono. 2002. Akuntansi Pengantar, Yogyakarta: BPFE.

Usman, M.B. & Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : Delia Citra Utama

PDF Page:  1152-1166

Terbit: Desember 2022

BAGIKAN