Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Sistem Informasi Akuntansi Kelas Xii Ips 1 Melalui Media Kahoot

5

Suliswanto
sulisapril338@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jl. Veteran No.43 Lamongan

Naskah :
Diterima : 1 Maret 2022
Direvisi : 6 April 2022
Disetujui : 21 Mei 2022

 

Abstraksi

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran Kahoot! dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS 1 MAN 1 Lamongan. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas XII IPS 1 MAN 1 Lamongan tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Teknik analisis hasil penelitian yang digunakan adalah uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan juga uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis uji Wilcoxon pada data pre-test dan post-test kelompok eksperimen menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dilaksanakan pembelajaran dan setelah dilaksanakan pembelajaran yang memanfaatkan media Kahoot!!.

Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Kahoot! (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS 1 MAN 1 Lamongan pada materi konsep dasar akuntansi (Y).
Kata kunci: Media pembelajaran inovatif, Kahoot! aplikasi, hasil belajar

Referensi

Chesaria, R. D., Adi, W., & Muchsini, B. (2015). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(1), 94–102. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/375820

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 81–88.

Falah, M. F., Maghfiroh, S., Asmaningrum, S. O., & Rifqi, M. (2020). PENILAIAN BELAJAR MENGGUNAKAN PRE TEST DAN POST TEST GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI DUSUN NEPEN RT 02/ RW 07 DESA GUNUNGPRING KECAMATAN MUNTILAN. Universitas Negeri Semarang.

Gunawan, I., Ulfatin, N., Sultoni, S., Sunandar, A., Kusumaningrum, D. E., & Triwiyanto, T. (2017). Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013. Abdimas Pedagogi, 1(1), 37–47.

Hasram, S., Nasir, M. K. M., Mohamad, M., Daud, M. Y., Rahman, M. J. A., & Mohammad, W. M. R. W. (2021). The effects of Kahoot!! online games (Wow) on english language vocabulary learning among year 5 pupils. Theory and Practice in Language Studies, 11(9), 1059–1066. https://doi.org/10.17507/tpls.1109.11

Khotimah, S. K. S. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149–2158.

Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Parjaman, T., & Akhmad, D. (2019). PENDEKATAN PENELITIAN KOMBINASI: SEBAGAI “JALAN TENGAH” ATAS DIKOTOMI KUANTITATIF-KUALITATIF. Jurnal Moderat, 5(November), 530–548.

Putra, D. R., & Nugroho, M. A. (2016). Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11364

Teni Nurrita. (2018). Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf

PDF Page:  1141-1151

Terbit: Desember 2022