Optimalisasi Supervisi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

124

Dra. Lailatul Qodriyah

Lailaturqodriyah@gmail.com
Pengawas Sekolah Madya
Kota Batu Malang

Naskah:
Diterima : 15 Juli 2022
Direvisi : 23 September 2022
Disetujui : 25 November 2022

 

Abstraksi

Tulisan ini mendeskripsikan kegiatan suprevisi pembelajaran. Karya ditulis sebagai kajian best practice dari program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Supervisi Pembelajaran yang dilakukan kepala madrasah. Diharapkan dalam tulisan ini memunculkan hipotesis dan mengusulkan konsep dan kerangka berfikir inovatif baru dalam supervise ideal.
Langkah awal dilakukan dengan mereview kegiatan supervisi pembelajar. Dengan supervisi pembelajaran diharapkan guru dapat melaksanakan tugas pokok mengajar lebih fokus dan peserta didik dapat belajar secara maksimal sehingga kualitas proses dan hasil belajar meningkat dan otomatis kinerja juga meningkat. Kepala madrasah bisa memahami dan menguasai teknik supervisi pembelajaran yang diterima melalui PKB-nya serta menguasai materi dan isi yang terdapat dalam instrumen supervisi pembelajaran yang menjadi tugasnya.
Pelaksanaan kegiatan program pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan Komponen III Madrasah Reform Kementerian Agama RI menjadi momen penting untuk menguji program suprevisi ideal tersebut. Secara rinci, teknik tersebut meliputi kegiatan (1) PPKB Guru, dengan pemberian model pembelajaran menyenangkan, menunjukkan keterampilan abad 21 , dan yang mengembangkan potensi siswa. (2) penugasan menyusun rancangan pembelajaran.(3) PPKB Kepala madrasah tentang supervisi pembelajaran, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi serta rencana tindak lanjut (monitoring dan evaluasi terhadap implementasi pembelajaran ). Semua kegiatan tersebut dilakukan oleh pengawas madrasah yang bersertifikasi Fasilitator Daerah (Fasda) pada PPKB guru dan Kepala Madrasah serta Pengawas Madrasah.
Kata kunci: Supervisi, Keprofesian, Berkelanjutan, Prestasi

Referensi

Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (CTL). Jakarta: Depdiknas

Kanisius. Piet A. Sahertian. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta St.

M. Gorky Sembiring. 2009. Mengungkap Rahasia dan Tips Manjur Menjadi Guru Sejati. Yogyakarta. Best Publisher

Abd. Kadim Masaong. 2013. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta

Muh. Syukur Salman. 2015. Menjadi Guru yang Dicintai Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Peraturan Kementerian Agama Nomor 60, 2015, Payung Hukum KKG dan MGMP Pada Madrasah

Peraturan Menteri Agama Nomor 38, 2018, PKB Guru Madrasah , Jakarta : Kementerian Agama RI

Surat Keputusan Dirjen Pendis Nomor 5164, 2018, Juknis Penulisan RPP, Jakarta : Kementerian Agama RI

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam , 2020, Penjelasan Ketua PM ( Project Manajer) tentang Proyek REP-MEQR, Jakarta : Kementerian Agama RI

Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 6571, 2021, Perubahan Atas Keputusan Dirjen Pendis Nomor
606 tahun 2021, Petunjuk Teknis Bantuan Kelompok Kerja Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah
( KKG/ MGMP / MGBK/KKM/POKJAWAS MADRASAH ) , Jakarta : Kementerian Agama RI

Tim Pengembang Modul PKB, 2021, Modul PKB Guru -Modul PKB Kepala Madrasah, Jakarta : Dirjen Pendis – Dirjen GTK Kementerian Agama RI

Keputusan Menteri Agama Nomor 624, 2021, Supervisi Pembelajaran di Madrasah, Jakarta : Kementerian Agama RI

Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 6334, 2021, Petunjuk Teknis Supervisi Pembelajaran pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Jakarta : Kementerian Agama RI

Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3036, 2021, Petunjuk Teknis Penjaminan Mutu, Pemantauan dan Evaluasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Jakarta : Kementerian Agama RI

PDF Page:  111-140

Terbit: Juni 2023