Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama Menggunakan Media Sosial pada Siswa

102

Sa’i, S.Pd., M.Pd.
sairahim1972@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jalan Veteran No.43, Jetis,
Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

Naskah:
Diterima : 15 Agustus 2022
Direvisi : 23 September 2022
Disetujui : 25 November 2022

 

Abstraksi

Menulis naskah drama merupakan proses kreatif. Hal ini membutuhkan proses yang tidak cepat dan waktu yang tidak sedikit. Proses kreatif dalam menulis drama perlu alat atau media yang dapat membantunya. Salah satu media yang mudah diakses adalah media sosisal.
Melihat fakta selama ini, pembelajaran menulis naskah drama di MAN 1 Lamongan belum sepenuhnya optimal dan hanya memperoleh nilai rata-rata 45,34%. Pemilihan media sosial sebagai media dalam pembelajaran menulis naskah drama dengan alasan-alasan tertentu, salah satunya karena media sosial banyak penggemarnya, dan media sosial mempunyai peran yang besar terhadap penulisan naskah drama.Bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan media sosial untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa MAN 1 Lamongan kelas XI IIK tahun ajaran 2021-2022? Tujuannya adalah meningkatkan hasil belajar menulis naskah drama dan memperbaiki proses pembelajaran.
Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan-tahapan penelitian tindakan meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diambil berupa aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran, dan data kompetensi siswa dalam menulis naskah drama dengan menggunakan media sosial.
Kemampuan menulis naskah drama siswa dengan menggunakan media sosial mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, demikian juga dengan aktivitas siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I kompetensi siswa dalam menulis naskah drama rata-rata 57% dan pada siklus II menjadi 61.32 % selanjutnya pada siklus III mencapai 74,1 % sedangkan KKM 70. Aktivitas siswa pada siklus I rata-rata 63,14 % meningkat pada siklus II menjadi 70%, dan pada siklus III menjadi 81,29%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan penggunaan media sosial dapat meningkatkan kompetensi menulis naskah drama siswa MAN 1 Lamongan.
Kata kunci: media sosial, menulis naskah drama

Referensi

Addien A. 2009. Belajar Seni Drama. Bandung: PT. Puri Pustaka

Addin A. 2009. Menulis Naskah Drama. Bandung : Puri Delco

Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Depdiknas. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Endang Kosasih. 2011. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung:CV.Yrama Widya

Fauzi. 2007. Bagaimana Menulis Drama. Bandung : CV Armico

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan :Media Persada.

Keraf, Gorys.1994. Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.

Mawadah, ade husnul. 2010. Memahami Gaya Bahasa. Bogor : Quadra

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo

Sumardjo, Jakob. 2001. Perkembangan Teater Modren dan Sastra Drama Indonesia. Bandung : PT.Citra Aditya Bakti

Sumanto. 2014. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Jakarta : Buku seru

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Tarigan, Guntur dkk. 2005. Menulis Sebagai Suatu Keterampila Berbahasa. Bandung: Angkasa

PDF Page:  69-80

Terbit: Juni 2023

BAGIKAN