Urgensitas Profesionalisme Pengawas dalam Pengembangan Madrasah

115

Lilik Rosyidah, S.Pd.I, M.Pd
lilikrosyidah2@gmail.com
Guru MAN 2 Lamongan
Jalan Bulaksari Nomor No.269,
Sogo, Kec. Babat,
Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

Naskah:
Diterima : 26 September 2022
Direvisi : 29 Oktober 2022
Disetujui : 28 November 2022

 

Abstraksi

Tulisan ini mendeskripsikan urgensitas profesionalisme pengawas madrasah sebagaimana fungsinya dalam pengembangan madrasah. Karya ditulis secara konseptual dalam mengkaji literatur, membahas fenomena, dan fakta pengawas di lapangan dengan mengkaitkan fungsi pengawas sebagaimana regulasinya. Diharapkan, tulisan ini bisa menjadi formulasi atau rumusan solusi atas problematika yang ada sekaligus jadi referensi bagi pengawas madrasah, tenaga pendidik, kepala sekolah, mahasiswa prodi pendidkan, dan jadi rujukan bagi para pengelola lembaga pendidikan.
Langkah awal yang dilakukan adalah mereview literatur yang saling berkaitan, kemudian memadukan serta mendiskusikannya hingga diperoleh konsep baru. Lalu, dilanjut menyajikan pembahasan. Saran dan rekomendasi disampaikan sebagai bagian dari kesimpulan tulisan ini.
Kajian konseptual dikembangkan dalam rangkaian kajian ilmiah menekankan pada proses berfikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri solusi dari peran dan fungsi pengawas. Tulisan ini menekankan pada konsep kepengawasan madrasah pada bagian awal, sedangkan pada bagian selanjutnya dipaparkan instrument serta regulasi kepengawasan sekolah. Sehingga memberikan modal pengetahuan bagi para pengawas madrasah agar jadi pengawas madrasah professional. Mengingat, kemampuan akademik pengawas bidang pembelajaran juga diperlukan, terutama untuk melakukan supervisi akademik
Kata Kunci: urgensitas, profesionalisme, pengawas, madrasah

Referensi

Arikunto, S. 2017. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (cetakan ketujuh). Jakarta: Bumi Aksara.

Alfonso, RJ., Firth, G.R., dan Neville, R.F, 2018, Instructional Supervision, A Behavior System, Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Ametembun. 1975. Supervisi Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung.

Beach, D.S,. 2018, The Management of People at Work. New York: Mac. Millian

Burhanuddin. 2017. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara.

Burhanudin, Yusak, 2005. Administrasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Campbell, Roald F., Corbally, Jhon E., Nystrand, dan Raphael O, 2020, Introduction to Educational Administration, Boston: Allyn and Bacon, Inc

Creaner, What is the Meaning and Purpose of Supervision?, Jurnal Publis 21-Nov-2013 Jm 9:47:54 AM

Danim, Sudarwan. 2019. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Danim, Sudarman. 2020. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Depdiknas. 2009. Dimensi Kompetensi Supervisi Manajerial (Bahan Belajar Mandiri Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah), Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan.

Depdiknas. 2009. Dalam Panduan Pelaksanaan Tugas Pengawas Sekolah/ Madrasah. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan.

Depdiknas. 2008. Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan

Dewi, Irra Chrisyanti. 2019, Pengantar Ilmu Administrasi, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Dodd, E. 2020, Polynesian Seafaring. New York: Dodd. Mead & Co.
Enoch, Yusuf,. 2017. Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fattah, Nanang. 2020. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Getzels, J.W. 2020, Administration as a Social Process, in Administrative Theory in Education. New York: Macmillan.

Gie, The Liang. 2019. Administrasi Perkantoran Modern. Yokyakarta: Nurcahyo.

Glickman, C.D 1995. Supervision of Instruction. Boston: Allyn And Bacon Inc.

Gunawan, Ary H. 1996. Administrasi Sekolah (Administrasi Pendidikan Mikro). Jakarta: Rineka Cipta.

Gwynn, J.M. 1961. Theory and Practice of Supervision. New York: Dodd, Mead & Company.

Gordon, T. J. and Helmer, Olaf. 1964. Report on a Long-Range Forecasting Study, Rand Corporation, Santa Monica/California.
Hassan, Yusuf A. Et.all. 2019. Pedoman Pengawasan. Jakarta. CV Mekar jaya.

Häder, Michael and Häder, Sabine. 1995. Delphi and Kognitionspsychologie: Ein

Hermino, Agustinus. 2019. Kepemimpinan Pendidikan Di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hidayat. Sholeh, 2019. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

http://baltyra.com/2013/01/04/manajemen-yang-baik-danharapan-pendidikan-masa-depan. Diakses pada 23 Maret 2021.

Jhonson. 1986. Teori Sosiologi Klasik dan Moderen, Jili 1 dan 2. Diterjemahkan oleh Robert M.Z. Lawang. Jakarta: Gramedia.

Kemenpan, 2011. Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah (Komponen Penyusunan Program Pengawasan). Jakarta: Pusbangtendik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Lipham, J.M. & Hoeh, J.A. 1974. The Principalships: Foundations and Functions. New York: Harper & Row, Publisher.

Lumsdaine Edward & Monika, 1995, Creative Problem Solving, thingking skills for a changing world, New York:

McGraw-Hill Internasional Editions Massie, Joseph L. 1973. Essentials of Management. New Delhi: Prentice-Hall of India Private Limited.

Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Orlosky, Donald E., McCleary, Llyod., Shapiro, Arthur dan Webb, L. Dean. 1984. Educational Administratiion Today. Ohio, Colombus: A Bell and Howell, Co.

Oliva, Peter F. 1984. Supervision For Today’s School, (New York: Longman.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi birokrasi No 21 tahun 2010.

PDF Page:  81-110

Terbit: Juni 2023