Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Termbimbing Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Siswa di Smpn 2 Lamongan

13

Maulidah Indah Khowariro
maulidaindah50@gmail.com
Universitas Muhammadiyah Surabaya
Naskah :
Diterima : 10 November 2023
Direvisi : 20 Desember 2023
Disetujui : 5 Desember 2023

 

Abstraksi

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh model pembelajaran guided inqury terhadap hasil belajar dan motivasi siswa di SMPN 2 Lamongan. Siswa cenderung kurang antusias dalam menanyakan terkait tentang materi ekologi dan keanekaragaman hayati serta kurangnya pemahaman tentang ekosistem. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Lamongan dengan populasi adalah seluruh siswa SMPN 2 Lamongan dengan sample yaitu Kelas VII E dan VII C. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design menggunakan metode rancangan pretest-posttest control group design dengan rancangan penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada hasil penelitian ini diuji hipotesis mengguanakan Uji Kuskal-Wallis pada keempat tes yaitu pretest eksperimen, posttest eksperimen, pretest kontrol, dan posttest kontrol. Berdasarkan hasil ketuntasan secara klasikal dari kelompok kontrol dan eksperimen adalah 56,6% dan 93,3%. Rata-rata N-Gain pada kelompok eksperimen berdasarkan kategorisasi mengalami peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Berdasarkan keterlaksanaan model pembelajaran guided inquiry, siswa tertarik pada model pembelajaran guided inquiry sebanyak 93,3%. Berdasarkan Uji N-Gain didapat didapat hasil pada kelompok eksperimen yaitu 61,2084 dengan kategori cukup efektif sedangkan pada kelompok kontrol yaitu 32,1988 dengan kategori tidak efektif. Hal ini disebabkan oleh hasil keempat tes tersebut Dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran guided inquiry berpengaruh pada keterlaksanaan pembelajaran hasil belajar kognitif, motivasi siswa, dan respon siswa.

Referensi

Anam, K., (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arief, H., S. (2016). Menigkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika 1(3) 2.

Arikunto, S., (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azka, R. (2019). Hubungan Motivasi dan Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Fisika Dengan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 23-29.

Budi, N. Y. A. R., 2021. Respon Siswa terhadap Model Pembelajaran POE dalam Pembelajaran IPA di SD. Orbita:Jurnal Hasil Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, Volume Vol.7 No. 2.

Faelani. (2020) Eksperimentasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Discovery Learning Pada Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Pendidikan, 499-500

Fahyuni, E., 2016. Developing of Learning Tool At IPA Subject by Inquiry Model Improve Skills Science Process An Understanding Cocepts SMPN 2 Porong. Sidoarjo, Proceedings of International Research Clinic & Scientific Publisher of Education Technology.

Faizah, et.al., 2017. Psikologi Pendidikan. Pertama ed. Malang: UB Press.

Fatikasari,, 2020. Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Penerpan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Simulasi PHET Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Anggana Materi Fluida Statis. Jurnal Literasi Pendiidkan Fisika, Volume volume 1 no. 1, pp. 65-72.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Firdaus, Z., Listiana, L. et.al. (2022) Penerapan Discovery Learning Dalam Melatih Keterampilan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Meningkatkan Motivasi Siswa Miftahulheen School, Nathawee Distric, Thailand. Jurnal Pendidikan Profesi Guru. 3 (1). 17-22.

Fitriyanti, I., Gayatri, Y. Perbandingan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Dan Tipe Think Pain Share. Journal of Science Education and Studies.2 (1) 39-55.

Hake, R,R. (1999). Analyzing Change/Gain Score.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Research Methodology.

Hariyanto, S. d., 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar.. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hendarto, P., 2019. Penerapan Desain Pembelajaran Sistem Respirasi Berbasis Guided Inquiry Learning dipadu AFL untuk Mengubah Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, Volume Vol. 8, No. 1, pp. 30-38.

Jamaris, M., 2013. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD Di Daerah Tertinggal Dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103-111. Https://Doi.Org/10.24246/Js.2020.V10.12.P103-111

Kurnia, D., 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VI di SD Negeri Cipete 2 Kecamatan Curug Kota Serang. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, Volume Vol.1, No.1, pp. 22-34.

Lailiah, I., 2021. implementasi guided inquiry berbantuan E-LKPD terhadap Hasil belajar kognitif siswa pada materi Redoks dan tata nama senyawa kimia. jurnal inovasi pendidikan kimia, Volume vol 15, no.1, pp. 2792-2801.

McClelland, D.C. 1987. Human Motivation. New York : Cambridge University Press.

Moekijat. (2002). Dasar-Dasar Motivasi. Bandung:CV. Pionir Jaya Bandung.

Monika, M., & Adnan, A. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajr dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran,1(1), 135-142.

Purwanto, M. N., 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ratnaningrum, D. A., Chamisijatin, L., & Widodo, N. (2015). Penerapan pembelajaran guided inquiry untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ipa pada siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 2 Batu. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 2(1), 229–239.

Sanjaya, W. (2014). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.Bandung: Kencan Prenada Media.

Sanjaya, W. (2017). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Group.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sondang P. Siagian. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Suardi, M., 2018. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods).. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Penelitian:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Yogyakarta:Alfabeta.

Sugiyono., (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Wikanta.W., (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Menamkan Karakter Kewirausahaan, Keterampilan Proses Sains, Dan Keterampilan Berpikir Tinggi Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. 23, (2) 171-175.

Martini, Y. 2016. Aplikasi Bahan Ajar Bahasa Arab Bermedia Komputer Dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas XI Semester II Di Madrasah Aliyah Negeri 4 Muaro Jambi. Jurnal Kompetensi Guru Pendidikan Islam. Vol. 10, No. 2.

PDF Page:  77-94

Terbit: Juni 2024