Membangun Karakter Pelajar Moderat dengan Strategi PUAST Melalui Bengkel Moderasi Beragama MAN 1 Lamongan

11

Nur Endah Mahmudah, S.Ag., M.Pd.I
nurendahmanela@gmail.com
Kepala MAN 1 Lamongan/Mahasiswa S-3 Universitas Islam Malang
Naskah :
Diterima : 15 November 2023
Direvisi : 23 Desember 2023
Disetujui : 25 Desember 2023

Abstraksi

Artikel ini menjelaskan urgensi moderasi beragama, serta relevansinya terhadap peserta didik MAN 1 Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus penelitian ini diharapkan memberikan gambaran utuh impelementasi dan pembentukan moderasi beragama di lapangan. Adapun data di peroleh melalui wawancara. Subyek penelitian di MAN 1 Lamongan dan informan dipilih berdasarkan purposive sampling, yakni guru PAI dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa impelementasi moderasi beragama dapat dilakukan dengan strategi PUAST (Pengalaman, Ulas, Analisis, Sampaikan, dan Terapkan). Adapun pembentukannya dapat dilakukan dengan pembentukan karakter melalui bengkel moderasi beragama sebagai berikut, Dalam hal ini, kokulikuler, ekstrakulikuler, dan budaya sekolah. Sekolah juga memiliki kebijakan pembentukan karakter siswa yang mencakup penanaman nilai-nilai moderasi beragama sejak usia dini. Selain itu, lokakarya tentang moderasi beragama. Pengajaran pendidikan agama Islam (PAI).

Referensi

Baisuki, A., & Ta’rif, T. (2017). Penanaman Karakter Moderat Di Ma’had Aly Situbondo. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. Https://Doi.Org/10.32729/Edukasi.V15i3.456

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Habibie, M. L. H., Kautsar, M. S. A., Wachidah, N. R., & Sugeng, A. (2021). Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia. Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama, 1(1), Article 1.

Harismawan, A. A., Ikmal, H., & Muchtar, N. E. P. (2023). Implementasi Dan Pembentukan Moderasi Beragama Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), Article 1.

Hermawati, H., Supriadi, S., Nurlina, N., & W, M. F. (2023). Similarities And Differences In The K-13 Curriculum And The Learning Freedom Curriculum At The High School Level At Sman 13 Pangkep. Jetish: Journal Of Education Technology Information Social Sciences And Health, 2(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.57235/Jetish.V2i2.715

Kartini, N. E., Nurdin, E. S., Hakam, K. A., & Syihabuddin, S. (2022). Telaah Revisi Teori Domain Kognitif Taksonomi Bloom Dan Keterkaitannya Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(4), 7292–7302. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3478

Marzuki, M., Miftahuddin, M., & Murdiono, M. (2020). Multicultural Education In Salaf Pesantren And Prevention Of Religious Radicalism In Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.21831/Cp.V39i1.22900

Maulana, A. (2022). Dua Tahun Terakhir, Demokrasi Indonesia Alami Penurunan. Universitas Padjadjaran. Https://Www.Unpad.Ac.Id/2022/01/Dua-Tahun-Terakhir-Demokrasi-Indonesia-Alami-Penurunan/

Naj’ma, D. B. A., & Bakri, S. (2021). Pendidikan Moderasi Beragama Dalam Penguatan Wawasan Kebangsaan. Academica : Journal Of Multidisciplinary Studies, 5(2), 421–434. Https://Doi.Org/10.22515/Academica.V5i2.4919

Nasir, A., Yawan, H., & Saifullah, S. (2023). A Comparative Study: Similarities And Differences Between Indonesia’s Curriculum And Philippine’s Curriculum. International Journal Of Education, Social Studies, And Management (Ijessm), 2(3), 64–75. Https://Doi.Org/10.52121/Ijessm.V2i3.121

Octaviani, L., Sari, D. N. I., & Hidayatullah, A. F. (2021). The Development Of Radical Islamic Movements And The Importance Of Anti-Radicalism Education At The High School Level In Indonesia. Jurnal Pertahanan: Media Informasi Ttg Kajian & Strategi Pertahanan Yang Mengedepankan Identity, Nasionalism & Integrity, 7(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.33172/Jp.V7i2.1097

Ramdhani, M. A., Sapdi, R. M., Zain, M., Rochman, A., Azis, I. A., Hayat, B., Bashri, Y., Munir, A., Anam, K., Iksan, M., Muryono, S., Muhtarom, M. A., Marbawi, M., Zarkasyih, M., Kholisoh, S., & Amalee, I. (2021). Moderasi Beragama Berlandaskan Nilai-Nilai Islam. Jakarta: Kemenag Ri

Ramdhani, M. A., Sapdi, R. M., Zain, M., Rochman, A., Azis, I. A., Hayat, B., Bashri, Y., Munir, A., Anam, K., Iksan, M., Muryono, S., Muhtarom, M. A., Marbawi, M., Zarkasyih, M., Kholisoh, S., & Amalee, I. (2021). Integrasi Moderasi Beragama. Jakarta: Kemenag Ri

Santrock, J. (2018). Life-Span Development (17 Edition). Mcgraw Hill.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Rd (Bandung). Alfabeta. //Elibrary.Stikesghsby.Ac.Id%2findex.Php%3fp%3dshow_Detail%26id%3d1879%26keywords%3d

Sukabdi, Z. (2023). Islamic Radicalism In Indonesia And Its Development. Https://Www.Semanticscholar.Org/Paper/Islamic-Radicalism-In-Indonesia-And-Its-Development-Sukabdi/E27c03862ac378840109beac85862572d7a9332d

Ulfa, U., C.H., M., Susilawati, S., & Barizi, A. (2022). Multicultural Islamic Education In Indonesia: The Urgency Value Of Model And Method. Addin, 16(1), 131. Https://Doi.Org/10.21043/Addin.V16i1.15787

PDF Page:  13-24

Terbit: Juni 2024