Menggunakan Pendekatan Konteksual Berbasis Inkuiri dengan Padlet untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Caption dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

8

Fatchur Rohim
Fatchurrohim2016@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Naskah :
Diterima : 20 November 2023
Direvisi : 21 Desember 2023
Disetujui : 26 Desember 2023

Abstraksi

Tidak selalu mudah untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris seseorang. Siswa sering kesulitan memahami struktur teks, menggunakan terminologi yang tepat, dan mengkomunikasikan ide dengan benar dalam bahasa Inggris. Tujuan pembelajaran dari penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan dan efektivitas pengintegrasian Padlet, sebuah platform online kolaboratif, sebagai alat pedagogi untuk memfasilitasi pembelajaran kontekstual berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan menulis teks caption. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kolaboratif dan lokasi penelitian pada siswa kelas 12 Program Sosial 2 MAN 1 Lamongan pada semester ganjil bulan September – November 2023 Tahun Pelajaran 2023 – 2024. dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi dan catatan lapangan. Penggunaan Padlet dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks caption dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini secara meyakinkan menunjukkan efektivitas penggunaan pendekatan berbasis inkuiri dengan Padlet untuk meningkatkan keterampilan menulis teks caption pada siswa kelas 12 program Sosial 2 di MAN 1 Lamongan. Hasil yang diharapkan, yang mencakup peningkatan kemahiran menulis, peningkatan keterlibatan, dan pengembangan pemikiran kritis, menekankan pada pendekatan ini untuk meningkatkan pendidikan bahasa Inggris. Mengatasi tantangan yang terkait dengan integrasi teknologi menjadi penting untuk sepenuhnya memanfaatkan manfaat metodologi pengajaran inovatif ini dalam penerapannya di masa depan. Berdasarkan penelitian ini, seluruh guru dapat menerapkan strategi ini juga dengan media pedagogic Padlet untuk meningkatkan kemampuan keterampilan siswa.

Referensi

Fadhilawati, D., Rachmawati, D. L., & Hastari, S. (2022). Padlet as a creative wall for enhancing and evaluating students’ writing of recount text in a higher education. Jurnal Sinestesia, 12(2), 587-597.

Frimayanti, M. (2019). IMPROVING CHARACTER BASED READING COMPREHENSION BY APPLYING INQUIRY BASED LEARNING METHOD OF THE TENTH YEAR STUDENTS OF SMK NEGERI 1 KLATEN IN ACADEMIC YEAR OF 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Widya Dharma).

Hammer, C. S., Lawrence, F. R., & Miccio, A. W. (2007). Bilingual children’s language abilities and early reading outcomes in Head Start and kindergarten.

Harris, A. R., & Walton, M. D. (2009). “Thank you for making me write this.” Narrative skills and the management of conflict in urban schools. The Urban Review, 41, 287-311.

HIDAYAH, N. N., & Hidayanto, H. N. (2020). An Analysis of Writing Ability on Instagram Caption as Teaching Media at SMA N 1 Simo in Academic Year 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN Surakarta).

Hyland, K. (2019). Second language writing. Cambridge university press.

Lee, E. M., & Lim, L. (2000). Diphthongs in Singaporean English: Their realizations across different formality levels, and some attitudes of listeners towards them. In A. Brown, D. Deterding & E. L. Low (Eds). The English language in Singapore: Research on pronunciation (pp. 101-111). Singapore Association for Applied Linguistics.

Lestari, P. Y., & Kurniawan, E. H. (2018). Padlet as media to improve writing mastery of English department students of Uniska 2015-2016. Engl. FRANCA Acad. J. Engl. Lang. Educ. STAIN Curup, vol, 2(1), 12.

Li, S. (2017). Using corpora to develop learners’ collocational competence.

Mallon, M., & Bernsten, S. (2015). Collaborative learning technologies. USA: Association of College and Research Libraries and American Library Association.

Muthalib, K. A. (2017). Dialect features of Leupueng children: a study of dialect in post tsunami Aceh [Doctoral dissertation, Deakin University]. Victoria.

Rugel, Luis Bermudes. “Teaching Reading and Writing in An EFL Class.” Iv International Conference For English Teachers.

Yusuf, Y. Q., Pillai, S., & Mohd. Ali, N.T.A. (2013). Speaking Acehnese in Malaysia. Language and Communication, 33(1), 50-60.

PDF Page:  25-36

Terbit: Juni 2024