Pengembangan LKS Eksperimen dengan Model Guided Inquiry Meningkatkan Kemampuan dalam Menulis Teks Prosedur

50

Nur Fadlilatin, S.Pd
nurtinfadhila@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Naskah :
Diterima : 10 November 2023
Direvisi : 15 Desember 2023
Disetujui : 25 Desember 2023

Abstraksi

Tulisan ini membahas tentang pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) eksperimen dalam meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur. Penelitian yang dilakukan berupa tindakan kelas melalui penelitian pengembangan keterampilan berbicara dengan menggunakan perencanaan dan pengimplementasian pengembangan LKS eksperimen dengan model pendekatan guided inquiry yang dikembangkan dengan metode eksplor diri. Tehnis analisis yang digunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Pendekatan kualitatif ini digunakan untuk mendeskripsikan kegiatan siswa selama proses pembelajaran di kelas. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa pembelajaran dengan pengembangan LKS eksperimen dengan model guided inquiry dalaam meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur. Prestasi belajar meningkat diikuti pula kenaikan nilai rata-rata yaitu 72,05 pada siklus I, naik menjadi 79.63 pada siklus II, dan pada siklus III naik menjadi 88,35. Begitu juga meningkatnya kinerja kelompok dan aktifitas tentunya tidak terlepas juga dari usaha-usaha guru yang optimal penuh pengabdian, kreatif dan inovatif.

Referensi

Depdiknas, 2000, Pendekatan Kontekstual, Jakarta, Depdiknas.

Depdiknas, 2001, Petunjuk teknis Pembuatan AR. Buletin Pelangi Pendidikan Volume 4 No. 2, Jakarta, Depdiknas

Depdiknas, 2002, Penelitian Tindakan Kelas, Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta.

Muhamad Nur, 2000, Pengajaran Berpusat pada Siswa dalam Pengajaran, Unesa Press.

Muhamad Nur, 2000, Strategi-strategi belajar, Surabaya, Unesa Press.

Muslimin Ibrahim, 2000, Pembelajaran Kooperatif, Surabaya, Unesa.

Poerwadarminta, 1984, Kamus Umum bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka.

Rachmadiarti, Fida, 2001, Pembelajaran Kooperatif. Depdikbud: Jatim.

Soeparman, Kardi, 2000, Pengantar pada Pengajaran Kelas Surabaya, Unesa Press.

Usman MU (1994), Menjadi Guru Profesional, Bandung Remaja Rosda Karya.

Witherington HC, dkk. (1996). Teknik-teknik Belajar dan Mengajar, Bandung Jemmars.

Kuhlthau, C. C., Maniotes, L. K., & Caspari, A. K. (2015). Guided inquiry: Learning in the 21st century. ABC-CLIO.

Kurniawati, I. D., Dwiastuti, S., & Probosari, R. M. (2020). Analisis Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 412-420.

Long, H. E., Carver, R. P., & Yanchus, V. L. (2019). Guided inquiry in the chemistry classroom: Gas laws, thermodynamics, equilibrium, and more. Rowman & Littlefield.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi. org/10.1787/5f07c754-en.

Rehmat, A. P., & Bailey, J. M. (2014). Technology integrated guided inquiry in science modules for middle school students. Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching, 33(3), 233-262.

PDF Page:  37-54

Terbit: Juni 2024