Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mapel Ski Melalui Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends

10

Masulah Sa’adah
masulahsaadah0@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Naskah :
Diterima : 5 November 2023
Direvisi : 3 Desember 2023
Disetujui : 5 Desember 2023

Abstraksi

Penelitian Tindakan kelas ini membahas tentang (1) Bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas X-E Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dengan menggunakan model Time Token. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X-E sebanyak 36 siswa (7 putra dan 29 putri). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berasal dari data yang diperoleh melalui tes tertulis, dan data kulitatif diperoleh dari hasil observasi terhadap hasil belajar siswa selama proses pembelajaran.
Penerapan model pembelajaran Time Token Arends di kelas X MAN 1 LAMONGAN dilaksanakan dengan 2 siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas X-E MAN 1 LAMONGAN sebelum diterapkan model pembelajaran Time Token Arends rata-rata mencapai 37,27% ini berarti masih di bawah batas ketuntasan siswa. Pada siklus I peneliti telah menerapkan model pembelajaran Time Token Arends nilai rata-rata siswa mencapai 67,84%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 81,10%. Hal ini telah membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Time Token Arends dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X-E MAN 1 Lamongan.

Referensi

Al-Qur’an al-Karim

Agus Hadi, “Ski MTsn”, dalam7http://skimtsn.blogspot.com/diakses18 November 2017.

Ahmadi Abu dan Surpiyono Widodo, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta: 2008)

Arikunto Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2006)

Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran (Bandung Alfabeta 2009)

Bari Fathul / Ahmad bin Ali bin Hajar ‘Asqalani, Kitab : Adab/ juz 12,(/Bairut- Libanon:darul 1993 M)

Dananjaya Utomo, Media Pembelajaran Aktif, (Jakarta: Nuansa: 2010)

Djaafar. (Belajar dan Pembelajaran ).( Jakarta, Erlangga :2001)

Darmansyah. (Teknik Belajar yang Menyenangkan). ( Jakarta, Rineka Cipta : 2006)

Dimyati. Belajar dan Pembelajaran (Jakarta Depdikbud 2010)

Dimyati dan Mudjiono Belajar dan Pembelajaran.(Jakarta:Rineka Cipta 2006)

Fatmawati Novia Yeni Model Time Token Arends siswa kelas VIII SMPN 1 Wonosari Gunungkidul, (2) keefektifan model Time Token Arends terhadap kemampuan menyimak laporan perjalanan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Wonosari Gunungkidul.

Iskandar, Penelitian Tindakan Kelas, (Jambi: Rineka Cipta, 2008)
Murodi, Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah kelasVII, (Semarang:PT. Karya Toha Putra,2009)

Muhaimin, pengembangan kurikulum pendidikan Islam, (Jakarta : 2005, Raja Grafindo Persada)

M Hosnan., Pendekata Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.(Bogor: Ghalia Indonesial: 2014)

M. Hosnan (Cooperatif Learning (Jakarta PT Gramedia 2014)

N. Asma,. Model Pembelajaran Kooperatif (Depdiknas: Jakarta 2006)

Ridwan dan Sunarto, Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis, (Bandung : Alfabeta. 2007)
Sudjono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005)

Sulasih Ana Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas X1 Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Palopo.

Toha Ahmadi, Terjemah sahih Bukhori, (Jakarta: Pustaka Panjimas, 1986)

Udin Sri Kelebihan dan Kelemahan Model Time Token (Bandung; Bumi Aksara 2012)

PDF Page:  65-76

Terbit: Juni 2024