Moh. Syobil Birri
shobil01moh@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Naskah :
Diterima : 04 Mei 2024
Direvisi : 10 Juni 2024
Disetujui : 28 Juni 2024
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat
belajar siswa kelas X-H Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan
terhadap materi bola basket. Salah satu permasalahan observasi
madrasah adalah guru PJOK belum mengetahui materi bola basket
dalam implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan
metode survei dan teknik pengumpulan data pretest dan posttest
berupa kuesioner. Populasi penelitian ini berjumlah 36 siswa kelas
kelas X-H MAN 1 Lamongan yang terdiri dari satu kelas. Teknik
analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif
yang dijabarkan dalam bentuk persentase. Hasil survei minat belajar siswa X-H dalam mengikuti kelas bola basket dalam model
sport education model di MAN 1 Lamongan menunjukkan bahwa
24 siswa (66,7%) sangat tertarik, bahkan 6 siswa (16,7%) tertarik.
Minat, sebanyak 4 siswa (11,1%) cukup tertarik, sebanyak 2 siswa
(5,6%) kurang tertarik. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian
ini, disarankan agar guru lebih memahami kurikulum merdeka
untuk mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan minat
siswa untuk terlibat dalam pembelajaran.
Referensi
Alawi, D., Sumpena, A., Supiana, S., &
Zaqiah, Q. Y. (2022). Implementasi
Kurikulum Merdeka Belajar Kampus
Merdeka Pasca Pandemi Covid-19.
Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4),
5863-5873.
Effendi, A. R., & Rhamadhansyah, F. (2017).
Peningkatan Pembelajaran Menggiring
Bola Dalam Permainan Sepakbola
Menggunakan Modifikasi Bola Plastik.
Jurnal Pendidikan Olah Raga, 6(1), 54-
64.
Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019).
Interaksi Sosial dalam Proses
Pembelajaran. PALAPA, 7(1), 149-
166.
Firmansyah. (2016). Penerapan teori
pembelajaran kognitif dalam
pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan. Jurnal Pendidikan, 5(2),
154–164.
Hartono, R., Suherman, A., & Rusdiana, A.
(2014). Pengaruh Model Sport
Education Terhadap Motivasi dan
Intensitas Belajar Gerak Siswa Pada
Penjasorkes. Edusentris, 1(3), 213-226.
Kurniawan, R., & Suherman, A. (2015).
Penerapan SEM (Sport Education
Model) dalam Konteks Kurikulum
2013. In Prosiding Seminar Nasional
Hasil Penelitian Pendidikan dan
Pembelajaran Vol (Vol. 1, No. 1).
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017).
Belajar Dan Pembelajaran.
FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu
Keislaman, 3(2), 333.
Qohhar, W., & Pazriansyah, D. (2019).
Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Teaching Games For
Understanding (TGFU) Terhadap
Peningkatan Hasil Belajar Teknik
Dasar Sepakbola. Physical Activity
Journal (PAJU), 1(1), 27-35.
Septiana, R. A., Santosa, A., & Budiman, A.
(2021). Model Pembelajaran
Sepakbola bagi Anak Usia Dini.
Musamus Journal of Physical
Education and Sport (MJPES), 4(01),
29–35.
Suryaman, M. (2020, October). Orientasi
Pengembangan Kurikulum Merdeka
Belajar. In Seminar Nasional
Pendidikan Bahasa Dan Sastra (V

Terbit: Desember 2024