Siti Khofilah, S.Pd, M.Pd
sitikhofilah@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Naskah :
Diterima : 09 Mei 2024
Direvisi : 15 Juni 2024
Disetujui : 25 Juni 2024
Abstraksi
Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu keterampilan
Abad-21 yang penting dimiliki peserta didik untuk menghadapi
berbagai tantangan di era arus globalisasi saat ini dan menjadi
bekal nantinya di dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belalajar kognitif
peserta didik melalui implementasi model Problem Based
Learning (PBL). Subjek dalam penelitian ini dipilih secara
purprosive sampling, yaitu seluruh peserta didik kelas XII MIPA
3 MAN 1 Lamongan tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 35 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) berbasis lesson study yang dilakukan dalam dua
siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan
post-test serta observasi. Perlakuan dalam penelitian ini adalah
penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam
pembelajaran. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah
keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem
Based Learning (PBL) efektif meningkatkan keterampilan
kolaborasi dan hasil belajar kognitif peserta didik. Keterampilan
kolaborasi peserta didik mengalami kenaikan secara klasikan dari
siklus I sebesar 60,88% dengan kriteria sedang menjadi sebesar
80,90% dengan kriteria tinggi. Hasil belajar kognitif peserta didik
mengalami peningkatan sebesar 11,64% dengan skor N-Gain pada
siklus I sebesar 0,69 dengan kategori sedang kemudian meningkat
pada siklus II sebesar 0,77 dengan kategori tinggi
Referensi
Arifin, Z. (2015). Perilaku Remaja Pengguna Gadget Dalam Perilaku Remaja Vol. 26 (2). IAIT Kediri Press.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (REVISI). Rineka Cipta.
Ashad, M. S., Ali, M., & Marungkil Pasaribu, dan. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). Vol. 1 (2).
Asri, N. A. (2022). The Effect of Lesson Study-Based Collaborative Learning on Students’ Critical Thinking Ability. Prosiding SEMNAS BIO 2022 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (pp. 455-
463)
Dacholfany, M. I., Fujiono, Hanayanti, C. S., & Ulimaz, A. (t.t.). Manajemen Pendidikan Berbasis Pembelajaran Inspiratif Dan Bermakna di Era Teknologi Digital. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 4 (6), 6853-6861.
Putri, S. D., Syamsuri, I., & Tenzer, A. (2014). Implementasi Metode Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Keterampilan Metakognitif, Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 8 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 6 (1), 29-37
Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem BasedLearning pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan
Sains Indonesia. Vol. 05 (1), 27-35.
Fitriyani, D., Jalmo, T., Yolida Pendidikan Biologi, B., Lampung, U., & Soemantri Brodjonegoro No, J. (2019a). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik. Vol. 7 (3), 77-87.
Garnjost, P., & Brown, S. M. (2018). Undergraduate Business Students’
Perceptions of Learning Outcomes in Problem Based and Faculty Centered Courses. The International Journal of Management Education, 16(1), 121– 130. Doi:
https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijme.2017.12.004
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning (H. Perigo, A.
Scott, & L. Whitney, Ed.; 1 ed., Vol. 1). Corwin A SAGE Company.
Hake, R. R. (1999, Maret 13). Analyzing Change/Gain Scores. https://physics.indiana.edu/
Hanipah, S., Florentinus, T. S., & Rifai, A. (2018). The Effectiveness of Problem Based Learning and Project Based Learning Model to Improve Natural Science Study Outcomes Article Info.
Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. 7(1), 1–6. Doi: https://doi.org/10.15294/ijcet.v7i1.24383
Hartina, A. W., Wahyudi, & Permana, I. (2022). Dampak Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dalam
Pembelajaran Tematik. Journal of Education Action Research, 6(3). Doi: https://doi.org/10.23887/jear.v6i3
Hendriana, H., Johanto, T., Sumarmo, U.,Siliwangi Bandung, I., Terusan Jenderal Sudirman, J., Negeri, S., Jatigede, K., & Pakenjeng Kab Garut, J. (2018). The Role Of Problem-Based Learning to Improve Students’ Mathematical Problem-Solving Ability And Self Confidence. Journal on Mathematics Education, 9 (2), 291–300.
Ilmiyatni, F., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik. Vol. 7 (2), 77-87.
Jalmo, T., Fitriyani, D., Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik. . Vol. 7 (2), 77-87.
Junita, A., Supriatno, B., & Purwianingsih, W. (2021). Profil keterampilan kolaborasi siswa SMA pada praktikum maya sistem
ekskresi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4(2), 50–57. Doi: https://doi.org/10.17509/aijbe.v4i2.41480
Kundariati, M., Latifah, A. N., Laili, M. R., & Susilo, H. (2019). Teaching Brain Learning through Biology View project Simas eric learning model View project. https://www.researchgate.net/publicatio
n/346965957
Lazuardi, L. (2018, Juli 23). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPA C SMA Negeri 1 Singosari / Lisa
Lazuardi. Repositori Universitas Negeri Malang.
http://repository.um.ac.id/40003/
Malmia, W., Makatita, S. H., Lisaholit, S., Azwan, A., Magfirah, I., Tinggapi, H., Chairul, M., & Umanailo, B. (2019). Problem-Based Learning As An Effort To Improve Student Learning Outcomes.
Article in International Journal of Scientific & Technology Research. Vol 8 (9), 1140-1143.
Masruroh, L., & Arif, S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Melalui Pendekatan Science Education for Sustainability dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi. Jurnal Tadris
IPA Indonesia. Vol 1 (2), 179-188. Mu’Minah, I. H., & Aripin, I. (2019).
Implementasi Stem dalam Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semna
sfkip/article/view/219
Murni, S. (t.t.). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa, Sikap Tanggung Jawab Dan Kerjasama Melalui Model Problem Based Learning Improving Science Learning Achievement, Responsibility, And Cooperation Through Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 5 (29), 2781-2789
Nilson, L. B. (2010). Teaching at Its Best: A Research-Based Resource for College Instructors (3 ed.). Jossey-Bass.
Nursyifa, A. (2018). Sosialisasi Peran Penting Keluarga Sebagai Upaya Pencegahan Dampak Negatif Teknologi Pada Anak Dalam Era Digital. Proceeding of Community Development, 2, 1–11.
Popov, V., Brinkman, D., Biemans, H. J. A., Mulder, M., Kuznetsov, A., & Noroozi, O. (2012). Multicultural student group work in higher education. An explorative case study on challenges as perceived by
students. International Journal of Intercultural Relations, 36(2), 302–317. Doi: https://doi.org/10.1016/j.ijintrel.2011.09.004
Prasutri, D. R., Fajar Muzaqi, A., Purwati, A., & Choirun Nisa, N. (t.t.). Improving Malang High School Biology Teachers’ Competence in Teaching and Learning during Disruptive Era through Professional Learning Community View project Teaching Biology Education
Students Life Based Learning through Quantitative Research Methods Course View project. https://www.researchgate.net/publicatio
n/346970399
Priyanti, R. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 482–505.
http://digilib.unimed.ac.id/38906/3/ATP 58.pdf
Rahmawati, A., Fadiawati, N., Diawati FKIP Universitas Lampung, C., Soemantri Brojonegoro No, J., & Lampung, B. (2019). Analisis Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMA pada Pembelajarn Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah. Dalam Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia (Vol. 8, Nomor 2). https://jurnal.fkip.unila.ac.id/
Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian (Husdarta, Ed.). Alfabeta.
Sakir, N. A. I., & Kim, J. G. (2020). Enhancing Students’ Learning Activity and Outcomes via Implementation of Problem-based Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(12), em1925. Doi: https://doi.org/10.29333/ejmste/9344
Sari, D. S. P. (2022, September 5). Hubungan Antara Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 9 Malang
/ Dewi Sartika Permata Sari. Repositori Universitas Negeri Malang.
http://repository.um.ac.id/id/eprint/263452
Shofiyah, N., Eka Wulandari, F., & Intan Mauliana, M. (2022). Collaboration Skills: Its Relationship with Cognitive Learning Outcomes in STEM Learning Keterampilan Kolaborasi: Hubungannya
dengan Hasil Belajar Kognitif dalam Pembelajaran IPA Berbasis STEM.
https://pssh.umsida.ac.id.
Simamora, R. E., Surya, E., & Rotua Sidabutar, D. (2017). Improving
Learning Activity and Students’ Problem Solving Skill through Problem Based Learning (PBL) in Junior High School Process Analysis of Student Answers from Students’ Mathematical Representation Ability Tests in the Subject Opportunities View project Visual Thinking View project Improving Learning Activity and Students’ Problem Solving Skill through Problem Based Learning (PBL) in Junior High
School. Article in International Journal of Sciences: Basic and Applied
Research, 33(2), 321–331.
Syahputra, E. (2018). Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional SINATEKMAPAN (E-Journal). Vol 1 (1276-1283)
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.
Prenada Media Group.
Ulimaz, A., Yardani, J., & Widiyastuti, D. A.
(2023). Increase Student Learning Activities by Using A Problem-Based Learning Model in Legum Technology Lecture Materials. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 238–246. Doi: https://doi.org/10.51276/edu.v4i1.329
Yew, E. H. J., & Goh, K. (2016). ProblemBased Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning. Dalam Health Professions Education (Vol. 2, Nomor 2, hlm. 75–79). King Saud bin Abdulaziz University. Doi: https://doi.org/10.1016/j.hpe.2016.01.004
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. Doi: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366
Yuniarti, A., & Radia, E. H. (2020). Development of Comic Mathematics
Teaching Materials on Flat-Building Material to Increase Reading interest in Class IV Elementary School Students. Dalam Journal of Education Technology. Vol. 4, (4). 415-423.
Lickona, T. (2004). Character Education: A Guide for School Leaders. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).
Putra, M. (2021). Pesantren Modern dan Integrasi Teknologi: pembangun Karakter dan Kompetensi Santri di Era Digital. Malang: UMM Press.
Supriyadi, D. (2022). Pendidikan Karakter dalam Pesantren: Membangun Nasionalisme dan Kepedulian Sosial di Kalangan Santri. Surabaya: Penerbit Nusa Media.
Taufik, A. (2019). Pesantren dan Peranannya dalam Pendidikan Karakter: Pendekatan Integratif dalam Konteks Indonesia. Jakarta: Pustaka Al-Furqan.

Terbit: Desember 2024