Model Pemberian Tugas Awal Pokok Bahasan Keanekaragaman MakhlukHidup untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

6

Nurul Khomsatul Maktubah
nurulkhomsatulmaktubah@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Naskah :
Diterima : 03 Mei 2024
Direvisi : 05 Juni 2024
Disetujui : 04 Juni 2024

Abstraksi

Mata pelajaran Biologi merupakan salah satu dari komponen
Ilmu Pengetahuan, dihadapan siswa kurang menarik karena
disampaikan dengan model pembelajaran yang masih
tradisional. Peranan guru masih sangat dominan, dan guru
kebanyakan kurang memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia. Untuk mengatasi hal itu diperlukan guru kreatif
yang dapat membuat pembelajaran Biologi menjadi lebih
menarik dan disukai oleh peserta didik sehingga motivasi
belajar lebih meningkat.
Solusi untuk pemecahan masalah tersebut adalah dengan
memberikan sebuah tindakan dengan model pembelajaran
dengan Model Pemberian Tugas Awal Sebelum Materi
Disajikan yang diimplikasikan dengan lembar tugas. Model
ini dirasakan lebih efektif, karena materi mudah diterima oleh
siswa dan lebih memotivasi guru dalam pelaksanaan
pembelajaran.
Tujuan Classroom Action Research ini adalah untuk
meningkatkan penguasaan materi Ruang Lingkup Biologi
siswa Kelas X C. Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan
3 siklus. Hasilnya, menunjukkan adanya peningkatan
penguasaan tentang materi Keanekaragaman Mahluk Hidup
dengan perolehan nilai rata-rata ulangan harian pada siklus I
sebesar 6,09, siklus II sebesar 6,54 dan siklus III sebesar 7,11.
Hasil observasi PBM menunjukkan Kinerja Guru semakin
baik dalam pengelolaan pengajaran dan pengelolaan kelas.
Dengan harapan keberhasilan tersebut merupakan langkah
awal dalam peningkatan mutu pendidikan.

Referensi

Dimyati, Mujiono, 1994, Belajar dan
Pembelajaran, Jakarta, Dirjen
Perguruan Tinggi.


Nur, Muhammad, 1996, Konsep Tentang
Arah Pengembangan Pendidikan di
SMA Dalam waktu 5 tahun Ke Depan,

Jakarta, Gramedia.
Tim Pelatihan Reserch Universitas
Yogyakarta, 2000, Yogyakarta,
Dikmenum Lemlit Universitas

Yogyakarta.
Sri Anilah. W, 1987, Media Pendidikan
(Modul Universitas Terbuka), Jakarta,

Karunia.
Mulyono, Tj, dkk, 1980, Media dan Bab IPS
UT, Jakarta, Depdikbud.


Winkel, WS, 1993,

PDF Page:  145-156

Terbit: Desember 2024