Lizza Avivah
lizzaavivah93@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Naskah :
Diterima : 02 Mei 2024
Direvisi : 05 Juni 2024
Disetujui : 20 Juni 2024
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas 12
IPS 2 pada materi “Masalah Sosial Akibat Globalisasi di Era
Digital” dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau
Artificial Intelligence (AI). Latar belakangnya adalah rendahnya
hasil belajar siswa pada materi yang memerlukan pemahaman
mendalam tentang Masalah Sosial Akibat Globalisasi Di Era
Digital akibat metode konvensional yang kurang interaktif untuk
materi kompleks ini. Penelitian menggunakan metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, melibatkan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi pada 36 siswa di
MAN I Lamongan. Instrumen yang digunakan meliputi tes hasil
belajar, lembar observasi, angket, dan jurnal refleksi guru.
Hasilnya, analisis data kualitatif dan kuantitatif menunjukkan
peningkatan signifikan: dari kondisi awal hanya 33% siswa
mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKTP), meningkat
menjadi 60% pada siklus I, dan 87% pada siklus II. Keterlibatan
siswa pun meningkat berkat penggunaan AI yang interaktif dan
membantu pemahaman materi. Siswa merespons positif
penerapan AI, yang membuat pembelajaran lebih menarik dan
efektif. Kesimpulannya, AI terbukti tidak hanya membantu siswa
dalam memahami konsep yang kompleks, tetapi juga
meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran,
khususnya pada materi “Masalah Sosial Akibat Globalisasi Di Era
Digital “.
Referensi
Chen, X., Zou, D., Xie, H., & Wang, F. L. (2020). Artificial Intelligence in
Education: A Review. IEEE Access, 8, 75264-75278.
https://consensus.app/papers/artificialintelligence-simulation-learningeffectivenesschen/b3cd120d55a75662ad2196a95819
7814/?utm_source=chatgpt
Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2021). Artificial Intelligence in Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. The Center for Curriculum Redesign.
https://consensus.app/papers/artificialintelligence-education-promises-risksholmes/b3cd120d55a75662ad2196a958
197814/?utm_source=chatgpt
Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M.,& Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education – where are the educators?. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 1-27.
https://consensus.app/papers/systematic-review-artificial-intelligenceeducationzawackirichter/b3cd120d55a75662ad21
96a958197814/?utm_source=chatgpt
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. (2020). Pengaruh Teknologi dalam Pendidikan: Studi Empiris di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 124-135.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Moleong, L. J. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Santoso, I. (2018). Kearifan Lokal dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Sosial dan Budaya, 5(3), 45-56.

Terbit: Desember 2024