Syuhrotun Nafisah, S.Pd
syuhrotunnafisah@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jl. Veteran No.43 Lamongan
Naskah :
Diterima : 6 November 2024
Direvisi : 16 Desember 2024
Disetujui : 28 Desember 2024
Abstraksi
Indonesia telah mengalami berbagai perubahan kurikulum
sepanjang sejarahnya, mulai dari Kurikulum 1947 hingga yang
terbaru, Kurikulum Merdeka. Setiap perubahan bertujuan untuk
meningkatkan mutu pendidikan agar lebih relevan dengan
perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Perubahan
kurikulum juga mencerminkan upaya pemerintah dalam
menghadapi tantangan globalisasi dan era digital, dengan
menekankan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi,
dan literasi teknologi. Kurikulum Merdeka, yang mulai diterapkan
secara bertahap sejak tahun 2021, diharapkan memberikan lebih
banyak fleksibilitas bagi siswa dalam memilih mata pelajaran
sesuai minat mereka. Selain itu, kurikulum ini menghapus sekatsekat penjurusan tradisional seperti IPA, IPS, dan Bahasa di
tingkat SMA. Sayangnya terjadi banyak pro-kontra dalam
penerapan Kurikulum Merdeka. Bahkan kini muncul wacana baru
yang digagas oleh Menteri Pendidikan Abdul Mu’ti untuk
menghidupkan kembali penjurusan di level SMA. Tulisan ini
berupaya mengkaji dan mengevaluasi perkembangan kurikulum
di Indonesia mulai dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
hingga Kurikulum Merdeka. Selain itu juga disajikan analisis
terkait kebijakan penghapusan dan pemberlakuan kembali
program penjurusan di tingkat SMA.
Referensi
Peraturan Mendikbudristek No.12 Tahun 2024
tentang Kurikulum pada PAUD, Jenjang
Pendidikan Dasar, dan Menengah
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24
Tahun 2006 mengatur tentang
Pelaksanaan Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006
tentang Standar Isi dan Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional No. 23
Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi
Lulusan untuk satuan pendidikan dasar
dan menengah
Hamalik, Oemar. 1990. Pengembangan
Kurikulum, Dasar-dasar dan
Pengembangannya. Bandung: Mandar
Maju
Nasution. 2006. Asas-Asas Kurikulum.
Jakarta: PT Bumi Aksara
Salahudin, Anas. 2012. Filsafat Pendidikan.
Bandung: CV Pustaka Setia
Soedijarto, Thamrin, dan Tim. 2010. Sejarah
Pusat Kurikulum (pdf). Jakarta: Badan
Penelitian dan Pengembangan
Kurikulum
Subandijah. 1996. Pengembangan Dan
Inovasi Kurikulum. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada
Suhartono, Suparlan. 2018. Filsafat
Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruz Media
Majalah Tempo tanggal 4 Februari 1984
halaman 67 tentang “Mengapa
Perubahan Kurikulum?”

Terbit: Juni 2025