Zumrotus Sa’adah
zumromanela01@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jl. Veteran No.43 Lamongan,
Yuni Tri Astuti
yunitrii30@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jl. Veteran No.43 Lamongan,
Naskah :
Diterima : 10 November 2024
Direvisi : 15 Desember 2024
Disetujui : 11 Desember 2024
Abstraksi
Implementasi model Problem Based Learning (PBL) dalam
pembelajaran matematika merupakan strategi yang efektif untuk
membiasakan peserta didik memiliki keterampilan abad ke-21,
seperti berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, kreativitas,
kewarganegaraan global dan karakter atau yang biasa dikenal
dengan sebutan 6C. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan bagaimana penerapan PBL dapat meningkatkan
keterlibatan peserta didik serta membiasakan peserta didik untuk memiliki keterampilan abad ke-21dalam pembelajaran
matematika. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dengan pengumpulan data melalui observasi dan pemberian
angket. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan PBL mendorong
peserta didik untuk lebih aktif mengeksplorasi konsep matematika
melalui situasi mmasalah, bekerja dalam tim, serta
mengomunikasikan solusi secara logis. PBL juga mampu
menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas peserta didik
dalam menyelesaikan masalah yang menantang dan membangun
sifat reflektif berdasarkan kemampuan karakter dan
kewarganegaraan global yang dimiliki.
Referensi
Asiah, S., Habibah, R., Asrizal, A., & Fauzi, A.
(2023). Meta Analisis Pengaruh Model
Problem Based Learning terhadap
Keterampilan Abad 21 Peserta Didik.
Nautical: Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Bogdan, R., & Taylor, S. J. (1975).
Introduction to qualitative research
methods: A phenomenological approach
to the social sciences. New York: John
Wiley & Sons.
Paillin, B., Prastiti, T., & Ramdhani, S. (2024).
Pengaruh PBL terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematika Siswa.
Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Pawson, Eric, At. Al. 2006. Problem Based
Learning in Geography:Toward a
Critical Assessment of Its Purposes,
Benefits and Risks. Journal of
Geography in Higher Education. P.
Routledge. Vol. 30, No. 1. 103-116,
March 2006.
Reza Yuafian, S. A. (2020). Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Menggunakan
Modelpembelajaran Problem Based
Learning (Pbl). Jurnal Riset Pendidikan
Dasar, 19.
Samsidah, H. S. (2018). Buku Model Problem
Based Learning (Pbl). Yogyakarta:
(Grup Penerbitan Cv Budi Utama).
Sisrayanti, H., Maksum, Waskito, & Sabrina,
E. (2024). Meta Analisis Model
Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan
4C. International Journal of Curriculum
and Instruction.
Srirahmawati, Anjar, dkk. (2023). Peningkatan
Keterampilan Abad 21 (6c) Siswa Kelas
Iv Sekolah Dasar Melalui Model Project
Based Learning Pada Kurikulum
Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Dasar Volume 08 Nomor 01, Juni 2023.
Syamsinar, Rahman, A., & Dassa, A. (2023).
Pengembangan Model Pembelajaran
Problem Based Learning-4C. Asian
Journal of Education and Social Studies.
Yanto, F., & Enjoni, E. (2022). Implementasi
Model Problem Based Learning dalam
Meningkatkan Keterampilan Abad 21.
Indonesian Research Journal in
Education (IRJE).

Terbit: Juni 2025