Model Pbl Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Ethnografi

11

Vita Amalia
amalia.vita@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jl. Veteran No.43 Lamongan,
Naskah :
Diterima : 2 November 2024
Direvisi : 14 Desember 2024
Disetujui : 14 Desember 2024

Abstraksi

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Model
Pembelajaran Berbasis Learning (PBL, Project Based Learning,
atau Inquiry Based Learning) dalam meningkatkan hasil belajar
siswa kelas XI IPS 1 pada materi Etnografi di MAN 1 Lamongan
semester 2 tahun 2025. Metode pembelajaran berbasis proyek dan
masalah memungkinkan siswa untuk lebih terlibat aktif dalam
proses belajar, meningkatkan pemahaman konseptual, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif,
dan komunikasi. Proyek yang dikembangkan melibatkan
pengamatan budaya lokal serta studi kasus terkait masyarakat
yang dikaji dalam etnografi. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa terhadap
materi etnografi, baik dalam aspek teoritis maupun praktis.
Dengan penerapan model pembelajaran ini, siswa tidak hanya
menghafal konsep tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam
kehidupan sehari-hari, yang berdampak positif pada hasil belajar
mereka.

Referensi

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (9th
ed.). New York: McGraw-Hill.

Barrows, H. S., & Tamblyn, R. M. (1980).
Problem-Based Learning: An
Approach to Medical Education. New
York: Springer Publishing Company.

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the
21st Century: Skills for the Future. The
Clearing House: A Journal of
Educational Strategies, Issues, and
Ideas, 83(2), 39-43.
doi:10.1080/00098650903505415

Boud, D., & Feletti, G. (Eds.). (1997). The
Challenge of Problem-Based
Learning. London: Kogan Page.

Creswell, J. W. (2014). Research Design:
Qualitative, Quantitative, and Mixed
Methods Approaches (4th ed.). Los
Angeles: SAGE Publications.

Duch, B. J., Groh, S. E., & Allen, D. E. (Eds.).
(2001). The Power of Problem-Based
Learning: A Practical “How To” for
Teaching Undergraduate Courses in
Any Discipline. Sterling: Stylus
Publishing.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007).
Educational Research: An
Introduction (8th ed.). Boston: Pearson
Education.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based
Learning: What and How Do Students
Learn? Educational Psychology
Review, 16(3), 235-266. doi:10.1023/B
.0000034022.16470.f3

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K.
A. (1998). Active Learning:
Cooperation in the College Classroom
(2nd ed.). Edina, MN: Interaction Book
Company.

Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual
dan Penerapannya dalam KBK.
Malang: Universitas Negeri Malang.

Rusman. (2015). Model-Model
Pembelajaran: Mengembangkan
Profesionalisme Guru. Jakarta:
Rajawali Pers.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.

Tan, O. S. (2004). Enhancing Thinking
through Problem-Based Learning
Approaches. Singapore: Thomson
Learning.

Trianto. (2010). Mendesain Model
Pembelajaran Inovatif-Progresif:
Konsep, Landasan, dan
Implementasinya pada Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yew, E. H. J., & Schmidt, H. G. (2009).
Evidence for Constructivist Learning in
PBL. Advances in Health Sciences
Education, 14, 251–273.
doi:10.1007/s10459-008-9105-3

PDF Page:  63-78

Terbit: Juni 2025