Siti Khofilah, M.Pd
sitikhofilah@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jl. Veteran No.43 Lamongan
Naskah :
Diterima : 12 April 2025
Direvisi : 20 Mei 2025
Disetujui : 26 Mei 2025
Abstraksi
Penelitian identifikasi profil miskonsepsi siswa pada materi fotosintesis dan respirasi tumbuhan menggunakan three-tier multiple choice diagnostic test dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa dan faktor-faktor penyebab terjadinya miskonsepsi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kuantitatif, yaitu mengembangkan instrumen three-tier test yang divalidasi oleh ahli, mengujikan soal, wawancara, dan analisis hasil penelitian. Analisis data penelitian menggunakan tabel kategori dan kriteria tingkat miskonsepsi serta penarikan kesimpulan. Sasaran penelitian ini adalah siswa MAN 1 Lamongan kelas XII MIPA 3, MIPA 4, dan MIPA 7. Jumlah responden sebanyak 78 siswa dengan satu guru mata pelajaran biologi serta bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan profil miskonsepsi terdiri dari siswa mengalami miskonsepsi sebesar 55,21%, siswa tidak paham konsep sebesar 29,32%, dan siswa paham konsep sebesar 15,47%. Siswa yang mengalami miskonsepsi menunjukkan kriteria miskonsepsi tinggi sebesar 28,21%, miskonsepsi sedang sebesar 66,67%, dan miskonsepsi rendah sebesar 5,13%. Miskonsepsi pada materi fotosintesis disebabkan oleh faktor dari siswa itu sendiri, buku teks, media pembelajaran, guru, cara mengajar, dan kompleksitas materi ajar.
Referensi
Abraham, M.R., Grzybowski, E.B., Renner,
J.W., dan Marek, E.A. 1992.
Undestanding and Misunderstanding
of Eight Graders of Five Chemistry
Concepts Found in Textbooks.
Journal of Research in Science
Teaching. Vol 29 (2), PP. 105-
120.Adisendjaja, Y. H, Romlah, O. Identifikasi Kesalahan
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta
Caleon, I., dan Subramaniam, R. 2010.
Development and Application of A
Three‐Tier Diagnostic Test to Assess
Secondary Students’ Understanding
of Waves. International Journal of
Science Education. Vol. 32 No.7,
Page: 939-961
Campbell, N.A., J. B. Reece dan L.G. Mitchell. 1999, Biology.Benjamin Cummings. California
Campbell, N.A., J. B. Reece dan L.G. Mitchell.2008. Biology.Ninth Edition. Benjamin Cummings. California
Chaniarosi, L. F. (2014). Identifikasi
miskonsepsi guru biologi SMA kelas
XI IPA pada konsep sistem
reproduksi manusia. EduBio Tropika,
187-191.
Depdiknas, 2007. Tes Diagnostik. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional
Direktorat Jenderal Manajemen
Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dikmenli, M. 2010. Misconception of Crll
Division Held by Student Teachers in
Biology: A drawing Analysis.
Scientifich Research and Essay, Vol 5
(2), page 235-247
Djamarah, Syaiful bahri dan Aswa.n Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka cipta.
Fariyani, Q., Rusilowati, A., dan Sugianto. 2015. Pengembangan Four-Tier Diagnostic Test untuk Mengungkap
Miskonsepsi Fisika Siswa SMA
Kelas X. Journal of Innovative
Science Education. Vol 4 No 2, 41- 49..
Handoko, R., dan Sipahutar, H. 2016. Analisis
Miskonsepsi pada Buku Teks Biologi
SMA Kelas X Berbasis Kuruikulum
Tingkat Satuan Pendidikan 2006 dan
Kurikulu 2013 di Kota Tebing Tinggi.
Jurnal Pelita Pendidikan. Vol 4 (1)
Hal: 39-47.
Hasanah, N.N., Supeno., Wahyuni, S. 2017.
Kekuatan Retenso Siswa dalam
Pembelajaran Fisika Pada Pokok
Bahasan Momentum dan Impuls
Menggunakan LKS Berbasis Mind
Mapping. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains. Vol 2, No.1, Hal:
25-32.
Ibrahim, M. 2012. Konsep, Miskonsepsi dan
Cara Pemelajarannya. Surabaya:
Unesa University Press.
Juhji. 2017. Upaya Mengatasi Miskonsepsi
Siswa Pada Materi Sistem Saraf
Melalui Penggunaan Peta Konsep.
Jurnal Formatif. Vol. 7, No. 1, Hal :
33-39.
Kartini. 2017. Identifikasi Miskonsepsi
Mahasiswa Biologi UNM Pada Mata
Kuliah Fisiologi Tumbuhan Dengan
Metode CRI. [Tesis]. Program
Pascasarjana Universitas Negeri
Makasar.
King, F.J & Ludwika., G., R. Rohani, F. 2013.
Higher Order Thinking Skills:
Definition, Teaching Strategies,
Assessment. A publication of the
Educational Services Program.
Masyhuri, A.P., Ahmad, A.M., Djojowasito,
G. 2013. Rancang Bangun Sistem
Penyerap Karbondioksida (CO2)
Pada Aliran Biogas Dengan
Menggunakan Larutan Ca(OH)2.
Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis
dan Biosistem. Vol. 1, No. 1, hal: 19-28
Muntiani, A. A. 2015. Analisis Miskonsepsi
Biologi Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Hewan Menggunakan
Certainty of Response Index (CRI)
pada Siswa Kelas XI IPA. [Skripsi].
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Murni, D. 2013. Identifikasi Miskonsepsi
Mahasiswa Pada Konsep Substansi
Genetika Menggunakan Certainty of
Response Index (CRI). Prosiding
Semirata FMIPA Universitas
Lampung.
Musliyadi. 2017. Identifikasi Miskonsepsi
pada Konsep Sistem Sirkulasi
Menggunakan Instrumen Three-Tier
Test. [Skripsi]. Pendidikan Biologi
Universitas Islam Negeri Syarif
Hidayatullah: Jakarta.
Mustaqim, T. A., Zulfiani., Herlanti, Y.
(2014). Identifikasi Miskonsepsi
Siswa dengan Menggunakan Metode
Certainty of Response Index (CRI)
pada Konsep Fotosintesis dan
Respirasi Tumbuhan. Edusains, 146-
Mustika, A. A., Hala, Y., Arsal, A. F. (2014).
Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa
Biologi Universitas Negeri Makassar
pada Konsep Genentika dengan
Metode CRI. Sainsmat, 122-129.
Reaven. J. 2003. Biology. USA : Mc Graw
Hill-Higher education. Inc
Rosana, D. 2011. E-Modul : Pengembangan
Tes Proses Berpikir Tingkat Tinggi.
FMIPA Universitas Negeri
Yogyakarta.
Ross, P., Tronson, D., & Ritchie, R. J. (2006).
Modelling Photosynthesis to Increase
Conceptual Understanding. Journal of
Biological Education, Vol 40 (2),
Page: 84-88
Russel, A. W., Netherwood, G.M.A., &
Robinson, S.A. 2004. Photosynthesis
In Silico. Overcoming the Challenges
of Photosynthesis Education Using a
Multimedia CD-ROM. Journal of
BEE, Vol 3.
Rusydiana. E., Yuliani., Raharjo. 2016.
Analisis Butir Tes Pilihan Ganda Dua
Tingkat Untuk Mengidentifikasi
Miskonsepsi Siswa Pada Konsep
Fotosintesis dan Respirasi
Tumbuhan. Jurnal Bioedu. Vol.5
No.2, 96-103
Salisbury, Frank B. dan Clean W. Ross. 1995.
Fisiologi Tumbuhan. Bandung: ITB
Samiha, Y.T., Erie, A. Gestri, R. 2017.
Analisis Miskonsepsi Siswa Pada
Mata Pelajaran IPA di SMPN 4
Penukal Utaa Kabupaten Penukal
ABAB Lematang Ilir Pendopo. Jurnal
Bioilmi. Volume 3 No 1. Hal 38-46.
Saputri, D.F., C. Cari., S. Sarwanto. 2012.
Penyebab dan Remediasi
Miskonsepsi Gaya Menggunakan
Multimedia dan Modul. Jurnal Materi
dan Pembelajaran Fisika. Vol 2 (1).
Hal: 58-71.
Setiawati, G. A. D., Arjaya, I. B. A., Ekayanti,
N. W. (2014). Identifkasi
Miskonsepsi dalam Materi
Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan
pada Siswa Kelas IX SMP di Kota
Denpasar. Bakti Saraswati, 17-31.
Suparno, P. (2005). Miskonsepsi dan
Perubahan Konsep dalam Pendidikan
Fisika. Jakarta: PT. Grasindo.
Susanti. R., Rustaman,. N.Y., Redjeki. S. 2010.
Profile Material Difficulty Level of
Plant Physiology According to
Prospective Biology Teachers.
Proceeding of The 4th International
Seminar on Science Education
Susanti, D., Waksito, S., Surantoro. 2014.
Penyusunan Instrumen Tes
Daignostik Miskonsepsi Fisika SMA
Kelas XI Pada Materi Usaha dan
Energi. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 2 No. 2 Hal: 16-19.
Sutiono, A., Sihaloho, M., dan Duengo, S. Identifikasi Kesalahan
Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI
SMA Negeri 1 Gorontalo pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Entropi. Vol 1 (1), 1-4.
Suwarto. 2013. Pengembangan Tes
Diagnostik. Jurnal Pendidikan. Vol
22 (2) : Hal 187-202
Svandova, K. 2014. Secondary Scool Student’s
Misconceptions about Photosynthesis
and Plant Respiration: Pleminary
Results. Eurasia Journal of
Mathematics, Science and
Technology Education. Vol 10, No.1
, page 59-67.
Taiz, L and Zeiger, E. 2002. Plant Physiology:
Third Edition. Benjamin Cumings
California
Tapilouw, F., Setaiawan, W. 2008.
Meningkatkan Pemahaman dan
Retensi Siswa Melalui Pembelajaran
Berbasis Teknologi Multimedia
Interaktif. Jurnal Pendidikan dan
Teknologi Informasi dan
Komunikasi. Vol 1 No.2 Hal : 19-26.
Tayubi, Y. R. (2005). Identifikasi Miskonsepsi
pada Konsep-konsep Fisika
Menggunakan Certainty of Response
Index (CRI). Mimbar Pendidikan,
Vol 26 (3), 4-9.
Tekkaya, c. 2002. Misconception as Barrier to
Understanding Biology. Journal of
Hacettepe University Education
Faculty. Vol 23 pp: 259-266.
Tridiyanti. E.P., Yuliani. 2017. Profil
Miskonseps dengan Menggunakan
Three-Tier Test Pada Submateri
Katabolisme Karbohidrat. Jurnal
Bioedu. Vol.6 No.3
Wafiyah, N. 2012. Identifikasi Miskonsepsi
Siswa dan faktor-Faktor Penyebab
pada Materi Permutasi dan
Kombinasi di SMA Negeri 1 Manyar.
Jurnal Gamatika. Vol 2. No. 2. Hal
128-138.
Wahyuni. 2013. Diagnosis Tingkat Kesulitan
Belajar Siswa Terhadap Pokok
Bahasan Metabolisme Siswa Kelas
XII IPA MA. Syeikh Yusuf
Kabupaten Gowa. [Skripsi]. Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN
Alauddin Makassar.
Wahyuni. T, Raharjo., Ducha, N. 2016.
Analisis Miskonsepsi Materi Sistem
Gerak Manusia pada SIswa Kelas XI
MIA Menggunakan Tes Diagnostik
Three Tier Multiple Choice. Jurnal
Bioedu. Vol. 5 No. 3
Wijiningsih, T. A., Tri Harjana, M. P., Sukiya.
(2016). Analisis Miskonsepsi Materi
Struktur Fungsi Jaringan Hewan
dalam Buku Biologi SMA Kelas XI.
Pendidikan Biologi, 70-79.
Winahyu, E. (2007). Perkembangan Sains:
Suatu Telaah Atas Pendekatan
Paradigma Baru. Ilmu Hukum, 68-86.
Wulandari, T.A., Prihandono, T., & Maryani. 2018 Analisis Miskonsepsi Siswa
Pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas
XI SMA Jember. Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan Fisiska Unej.
ISSN: 2557-5917, Vol 3.
Yates, T.B., Marek, E.A. 2014. Teachers
Teaching Misconceptions: a Study of
Factors Contributing to High School
Biology Students’ Acquicition of
Biological Evolution-Related
Misconceptions. Education and
Outreach Journal. Vol 7 No. 7. page:
1-18.
Yuliani. 2017. Metabolisme Tumbuhan.
Surabaya: Unesa University Press
Yuningsih, Y., Susilo, M.J. 2018. Kajian
Pendekatan Analogi dalam
Pembelajaran Biologi Bermakna.
Jurnal Riset dan Konseptual, Vol. 3,
No.3, hal 268-279.
Zulfiani. 2008. Analisis Struktur Mata
Pelajaran Biologi Melalui Peta
Konsep Pada Mata Kuliah
Perancanaan dan Strategi
Pembelajaran Biologi. Jurnal
Edusains. Vol.1, No. 2, Hal 142-155

Terbit: Desember 2025

