Priyanti, S.Pd
priyantiman1lmg@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jl. Veteran No.43 Lamongan
Naskah :
Diterima : 1 April 2025
Direvisi : 15 Mei 2025
Disetujui : 6 Juni 2025
Abstraksi
Pemanfaatan kecerdasan artifisial (AI) dalam pembelajaran sejarah di MAN 1 Lamongan berperan penting dalam menciptakan proses belajar yang lebih modern, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik generasi digital. AI mampu mendukung guru dalam perencanaan pembelajaran, penyajian materi melalui visualisasi, simulasi, dan media interaktif, serta membantu memberikan penilaian dan umpan balik yang lebih cepat dan personal. Dari sisi siswa, AI terbukti dapat meningkatkan minat belajar, memperkuat pemahaman konsep sejarah, serta melatih keterampilan berpikir kritis, historis, dan literasi digital yang relevan dengan tuntutan abad ke-21.
Meskipun demikian, penerapan AI belum sepenuhnya berjalan tanpa hambatan. Tantangan utama yang ditemukan meliputi keterbatasan literasi digital guru dan siswa, keterbatasan infrastruktur teknologi, serta risiko keakuratan dan etika penggunaan AI. Guru tetap berperan sentral sebagai fasilitator dan pengarah untuk memastikan AI benar-benar mendukung nilainilai pembelajaran sejarah yang mencakup ranah kognitif, afektif, maupun psikomotor.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa AI memiliki potensi besar untuk dioptimalkan sebagai mitra pedagogis dalam pembelajaran sejarah. Namun, pemanfaatannya memerlukan strategi yang terarah, peningkatan kapasitas guru, serta dukungan kebijakan dan infrastruktur sekolah agar integrasi AI dapat berlangsung secara berkelanjutan. Jika tantangan ini dapat diatasi, AI berpotensi menjadi instrumen strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan sejarah di madrasah sekaligus menjawab tantangan pendidikan di era digital.
Referensi
Afrizal. (2019). Metode Penelitian Kualitatif:
sebagai upaya mendukung penggunaan
penelitian kualitatif dalam berbagai
disiplin ilmu. Pt Rajagrfindo Persada.
Arnadi, A., Aslan, A., & Vandika, A. Y.
(2024). Penggunaan Kecerdasan Buatan
Untuk Personalisasi Pengalaman
Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan
Kearifan Lokal, 4(5), 369-380.
Oktavianus, A. J. E., Naibaho, L., & Rantung,
D. A. (2023). Pemanfaatan Artificial
Intelligence pada Pembelajaran dan
Asesmen di Era Digitalisasi. Jurnal
Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(02),
473-486.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian
kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2020).
Inovasi pembelajaran sejarah di era
digital. Yogyakarta: Ombak.
Wibowo, A., & Wahyudi, D. (2021).
Pemanfaatan teknologi digital dalam
pembelajaran sejarah untuk
meningkatkan literasi kritis siswa. Jurnal
Pendidikan Sejarah, 10(2), 87–98.

Terbit: Desember 2025

