Optimalisasi Pembelajaran Gambar Teknik melalui Integrasi AutoCAD dan Metode Problem Based Learning

26

Drs. Agus Zulianto
desainproduk440@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jl. Veteran No.43 Lamongan
Naskah :
Diterima : 4 April 2025
Direvisi : 10 Mei 2025
Disetujui : 26 Mei 2025

Abstraksi

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran gambar teknik melalui integrasi perangkat lunak AutoCAD dan pendekatan Problem Based Learning (PBL). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas XI Teknik Gambar di MAN 1 Lamongan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan yang diterapkan mampu meningkatkan kompetensi siswa dalam menggambar teknik secara digital, memperkuat pemahaman konsep dasar, serta meningkatkan motivasi dan partisipasi mereka dalam proses belajar. Selain itu, integrasi AutoCAD juga memperkaya pengalaman belajar karena memberikan representasi visual yang lebih akurat dan profesional.
Kesimpulannya, kolaborasi antara media teknologi dan pendekatan berbasis masalah dapat mengatasi berbagai tantangan dalam pembelajaran gambar teknik. Peneliti merekomendasikan penggunaan strategi ini secara berkelanjutan untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan vokasional yang relevan dengan tuntutan dunia kerja dan teknologi industri.

Referensi

Anggita Rahmadhany Prameswary &
Handayani (2024) Metode STAD
dengan video tutorial AutoCAD 2D —
SMK Negeri 1 Kemlagi. Pembelajaran
berjalan baik, siswa memberi respons
positif, terdapat perbedaan signifikan
hasil belajar. E-Journal Universitas
Negeri Surabaya

Arif Pujiyanto et al. (2020–2021 Project-Based
Learning untuk keaktifan & hasil
belajar gambar teknik — SMK
Muhammadiyah 1 Moyudan. Keaktifan
dan hasil belajar meningkat secara
signifikan selama tiga siklus. Jurnal UST
Jogja

Fakta Finish Ndruru et al. (2023)
Pengembangan Modul Pembelajaran Gambar Teknik menggunakan
AutoCAD – SMK Negeri 1 Sitolu Ori.
R&D menghasilkan modul AutoCAD
yang sangat layak digunakan, dengan
respons siswa tinggi (~89,5%). Jurnal
Pendidikan

Fitriyanto & Idjar (2021) Efektivitas
Pembelajaran Gambar Teknik Mesin
dengan AutoCAD – SMK Negeri 1
Palangka Raya. Palangka Raya. Kuasi
eksperimen menunjukkan bahwa
penggunaan AutoCAD secara signifikan
lebih efektif dibanding pembelajaran
konvensional dalam meningkatkan hasil
belajar siswa. E-Journal Universitas
Palangka Raya

Ihsanul Aulia et al. (2025) Implementasi
Project Based Learning (PjBL) pada
Gambar Teknik — SMK jurusan teknik
pengelasan/fabrikasi logam. PTK tiga
siklus, hasil belajar meningkat signifikan
dari siklus ke siklus. Jurnal Pendidikan
Tambusai

Muh. Jasrin Sarif (2025) Simulasi Video
AutoCAD meningkatkan hasil belajar –
SMK Negeri 3 Makassar. Penelitian
tindakan kelas menunjukkan perbaikan
hasil belajar dari pra-siklus (73 %)
hingga siklus 2 (84 %). Jurnal
Universitas Negeri Makassar

Satria Bifadlika G. Susanto et al. (2024)
Peningkatan keterampilan AutoCAD
mahasiswa teknik sipil — Universitas
Negeri Semarang. Perbandingan
pembelajaran daring dan luring;
wawancara menunjukkan tingkat
efisiensi pembelajaran AutoCAD. Jurnal
Ilmiah

Syaputra, Akhyar, Harjanto (2021) PBL untuk
motivasi dan pemahaman Gambar
Teknik — SMK Negeri 5 Surakarta.
PTK dua siklus, pengetahuan dan
motivasi siswa meningkat. Jurnal
Universitas Sebelas Maret
Hamdani et al. (202x) Modul tutorial
AutoCAD untuk Gambar Teknik &
Listrik — Universitas Negeri Padang.
R&D menunjukkan modul praktis dan
efektif digunakan. Jurnal Pendidikan
Tambusai

Qarinur et al. (2012) Pelatihan aplikasi
komputer (AutoCAD) di SMK Negeri 2
Medan — meski bukan dalam 4 tahun
terakhir, relevan sebagai fondasi penting
tentang pelatihan teknologi dalam
keterampilan gambar teknik. Jurnal
Universitas Negeri Medan

Septhyana Murow (2024) Peran Project Based
Learning pada pembelajaran AutoCAD
di vokasional — melalui tinjauan
pustaka, PjBL terbukti meningkatkan
kemahiran AutoCAD dan keterlibatan
siswa vokasional. Jurnal Pendidikan dan
Keguruan.

PDF Page:  223-236

Terbit: Desember 2025