Penerapan Model Pembelajaran SOBRY untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

18

Suminto, S.Pd, M.Pd
sumintomanela@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jl. Veteran No.43 Lamongan
Naskah :
Diterima : 14 April 2025
Direvisi : 5 Mei 2025
Disetujui : 16 Juni 2025

Abstraksi

Dalam usaha untuk menghasilkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif dapat dilakukan melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Untuk itu, diperlukan profesionalisme guru dalam mengembangkan metode dan penggunaan media yang menarik sehingga memudahkan siswa dalam memahami setiap materi yang diajarkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menguji manfaat penerapan model Pembelajaran Sampaikan, Organisasikan, Bertanya, Rayakan, dan Yakinkan (SOBRY) guna meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi materi dinamika atmosfer kelas X-M MAN 1 Lamongan dengan tahapan di antaranya: perencanaan (planning), tindakan (action), obsevasi (observation), dan refleksi (reflection). Pada penelitian ini guru menggabungkan dua variabel terikat (Y1 dan Y2) dalam satu laporan penelitian, sehingga teknik menganalisa data pun akan mengalami perkembangan, yaitu: Analisa data variabel bebas (X) berupa Model Pembelajaran Sampaikan, Organisasikan, Bertanya, Rayakan, dan Yakinkan (SOBRY) dan Analisa data variabel terikat (Y) yang terdiri dari (Y1) aktivitas siswa dan (Y2) hasil belajar. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observaasi/pengamatan, kuesener/angket, tes tulis, dan observasi. Adapun hasil observasi dalam penelitian ini terdapat peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dari siklus I pertemuan 1 sejumlah 27% dan diakhir siklus II pertemuan 2 mencapai 93 % yaitu terdapat peningkatan sebesar 76%. Adapun hasil belajar siswa yang diukur dari nilai tes siswa pada siklus I pertemuan 1 sejumlah yang tuntas mencapai 44% dan diakhir siklus II pertemuan 2 mencapai mencapai 91,7% yaitu terdapat peningkatan sebesar 47,7% dengan nilai rata-rata di siklus I pertemuan 1 mencapai 72 dan diakhir siklus II pertemuan 2 nilai rata-rata mencapai mencapai 83,5.

Referensi

Aqib Zainal. 2014. Model-model, Media, dan
Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif).
Bandung: Yrama Widya

Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan.
Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto, Rahardjo.Muljo. 2012. Model
Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava
Media

Hamalik Oemar. 2001. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Indarto. 2013.Sistem Informasi
Geografi.Yogyakarta: Graha Ilmu

Indra Yusuf.2023. IPS Geografi SMA/MA
Kelas X. Jakarta: Bumi Aksara
Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran.
Yogyakarta: Parama Ilmu

Sanjaya Wina. 2005. Pembelajaran dalam
Implementasi Kurikulum Berbasis
Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media
Group

Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo
Persada.

Sobry Sutikno.M, 2019. Metode dan Modelmodel Pembelajaran.Lombok: Holistica

PDF Page:  141-152

Terbit: Desember 2025