Dra Dwi Sugihastuti, M.Pd
dwisugihastuti01@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jl. Veteran No.43 Lamongan
Naskah :
Diterima : 14 April 2025
Direvisi : 5 Mei 2025
Disetujui : 16 Juni 2025
Abstraksi
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Aplikasi TikTok pada materi Sifat Koligatif Larutan di kelas XII MIPA3 MAN 1 Lamongan tahun pelajaran 2024/2025. Guru menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus, sebanyak 6 pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas XII MIPA3 tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 28 siswa dengan rincian 9 laki-laki dan 19 perempuan.
Instrumen keaktifan belajar siswa untuk keaktifan belajar siswa, dan instrumen tes untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Aplikasi Tiktok pada materi Sifat Koligatif Larutan di kelas XII MIPA3 MAN 1 Lamongan tahunpelajaran 2024/2025 dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Referensi
Ainia, D. K. (2020). “Merdeka Belajar dalam
Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan
Relevansinya Bagi Pengembangan
Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat
Indonesia, 3(3), 95–101. Baharuddin,
Ilham. 2014. Efektivitas Penggunaan
Media Video Tutorial sebagai
pendukung Pembelajaran
MatematikaTerhadap Minat dan Hasil
Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1
Bajo Kabupaten LuwuSulawesi
Selatan Jurnal Nalar Pendidikan.
Volume 2. Nomor 2. Hlm 96
Firza, S. O., & dan Sesmiarni, Z. (2022).
Perancangan Media Pembelajaran
Berbasis Tiktok pada Mata Pelajaran
TIK Di MTsN 2 Kota Payakumbuh.
IRJE: JURNAL ILMU PENDIDIKAN,
2(2), 588–598Fraticelli et al., 2021.
Selain menarik, media pembelajaran
berupa aplikasi digital dapat diakses dimanapun dan juga kapanpun
sehingga bagi siswa yang memiliki
hambatan belajar dapat lebih leluasa
dalam memahami materi.
January. Rohman, Sofiyur dan Hidayatullah,
Syarifudin Rachmad. 2023. Penerapan
Pembelajaran Pbl Berbantuan Video
Tiktok Pada Konsentrasi Keahlian
Kejuruan di Kelas XI TKRO 2 SMKN
1 Sidoarjo. JPTM. Volume 12 Nomor 72-77
Kartini, Ketut Sepdyana dan Putra, I. N. T. A.
(2020). Respon Siswa terhadap
Pengembangan Media Pembelajaran
Interaktif Berbasis Android. Jurnal
Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12–
19.Mustofa, R. F. (2020). The Effect of
Problem-Based Learning on Lateral
Thinking Skills. 13(1), 463–474.
Maarif, S., & Maulana, A. (2020).
Meningkatkan Aktifitas dan Hasil
bBelajar Matematika melalui
Penerapan Strategi Pembelajaran
Beach Ball. SIGMA, 8, 94–101.
Mustofa, R. F. (2020). The Effect of ProblemBased Learning on Lateral Thinking
Skills. 13(1), 463–474.
Mustofa, R. F. (2020). The Effect of ProblemBased Learning on Lateral Thinking
Skills. 13(1), 463–474.
Nugroho Wibowo. 2016. Upaya Peningkatan
Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran
Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK
Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics,
Informatics, and Vocatinal Education
(ELINVO). Vol 01. No.2. Hlm 128–39.
Nuryama, R. (2022). Jumlah Pengguna TikTok
Di Indonesia Pada 2022. Indonesia
https://www.tinewss.com/indonesianews/pr 1853618010/jumlahpengguna- tiktok-di-indonesia pada2022.
Putri, Elsa dan Syafri, E. (2022). TikTok ;
Media Pembelajaran Alternatif dan
Atraktif pada Pelajaran PPKn Selama Pandemi di SMP
Negeri 2 Mertoyudan.
Tan, O.-S. (2003). Problem-Based Learning
Innovation : using problems to power
learning in the 21st century (P. S. Lee (ed.)).
Cengage Learning.

Terbit: Desember 2025

