Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Pemahaman Sifat Koligatif Larutan bagi Peserta Didik

25

Elli Tri Puspita, S.Pd, M.Pd
ellitripuspita@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jl. Veteran No.43 Lamongan
Naskah :
Diterima : 4 Mei 2025
Direvisi : 15 Mei 2025
Disetujui : 10 Juni 2025

Abstraksi

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan siswa pada materi sifat koligatif larutan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan metode eksperimen. Metode ini digunakan untuk mencari pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman siswa tentang sifat koligatif larutan.
Penelitian ini dilakukan di kelas XII MIPA 3 MAN 1 Lamongan tahun ajaran 2025/2026, dengan desain penelitian yang digunakan adalah desain yang hanya menggunakan satu kelompok pretes (one group pretest – posttest design). Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah kemampuan siswa memahami materi sifat koligatif larutan sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan metode eksperimen. Data yang diperoleh dalam penelitian berupa skor hasil tes siswa pada materi sifat koligatif larutan sebelum dan sesudah menggunakan metode eksperimen dan juga data hasil wawancara siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan metode eksperimen meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami sifat koligatif larutan, di mana terdapat peningkatan sebesar 67% dari hasil awal 22% menjadi 89% setelah penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan metode eksperimen.

Referensi

Permatasari, R. E., & Yuanita, L. (2014).
Implementasi Model Pembelajaran
Inkuiri Terbimbing
Pada Materi Sifat Koligatif Larutan.
Jurnal Pena Sains, 1 (2), 11-18.

Winarni, S. (2019). Keefektifan Concept
Approval Strategy dalam mencegah
miskonsepsi materi sifat koligatif
larutan (Doctoral dissertation,
Universitas Negeri Malang).

Anggraeni, D. R. (2014). Studi pemahaman
konsep dan miskonsepsi mahasiswa
Program Studi Pendidikan Kimia
tahun pertama 2013/2014 pada konsep
sifat koligatif larutan menggunakan
instrumen diagnostik two-tier
(Doctoral dissertation, Universitas
Negeri Malang).

Wulandari, S. H., Fatah, A. H., & Anggraeni,
M. E. (2019). Analisis Materi Ajar
Kimia SMA/MA Kelas XII Pada
Konsep Sifat Koligatif Larutan. Jurnal
Ilmiah Kanderang Tingang, 10 (2),
300-320.

Tandi, Y., Gugule, S., & Anom, I. D. K.
(2020). Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai
Praktikum Terhadap Hasil Belajar Pada
Materi Sifat Koligatif Larutan Di SMA
Negeri 1 Tondano. Oxygenius Journal
Of Chemistry Education, 2 (2), 41-46.
Purba, L. S. L., Azzahra, S. F., & Baru, O.
(2021). Peningkatan Hasil Belajar
Kimia Siswa Melalui Metode
Eksperimen. Chemistry Education
Practice, 4 (3), 231-236.

Bahruddin, B. (2018). Dampak Pembelajaran
Eksperimen Kimia Terhadap Minat dan
Hasil Belajar Siswa. Andragogi: Jurnal
Diklat Teknis Pendidikan dan
Keagamaan, 6 (1), 19-40.

Wulandari, A., & Rohaeti, E. (2017). Pengaruh
Penerapan Metode Eksperimen
Berbasis Problem Based Learning
terhadap Sikap Ilmiah dan Prestasi
Belajar Kimia. Jurnal Riset
Pembelajaran Kimia, 6 (1), 1-8.

Kulsum, u. Metode eksperimen dalam
meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar ipa materi konduktor dan
isolator. Rfm pramedia jember.

Antara, I. P. P. A. (2022). Model Pembelajaran
Problem Based Learning untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Kimia
pada Pokok Bahasan Termokimia.
Journal of Education Action Research,
6 (1), 15–21.

Laeli, R. N., & Kasmui, K. (2024). Penerapan
Model Pembelajaran Berbasis
Masalah Berbantuan Media
QuizWhizzer dalam Meningkatkan
Pemahaman Konsep Siswa pada
Materi Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 18 (1), 73– 80


Raehani, S. A., Istiyarini, L., &
Baqiyatusshalihah, B. (2023).
Penerapan Model Pembelajaran
Berbasis Masalah (Problem Based
Learning) untuk Meningkatkan Minat
Belajar Kimia Siswa Kelas X.1 di SMA
Negeri 4 Mataram. Jurnal Literasi dan
Pembelajaran Indonesia, 3 (2), 169–174


Valdez, J., & Bungihan, M. (2019). ProblemBased Learning Approach Enhances the Problem Solving Skills in
Chemistry of High School Students.
Journal of Technology and Science
Education, 9 (3), 282–294

PDF Page:  209-222

Terbit: Desember 2025

BAGIKAN