Agus Zulianto
desainproduk440@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Naskah :
Diterima : 08 Mei 2024
Direvisi : 10 Juni 2024
Disetujui : 20 Juni 2024
Abstraksi
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-F MAN 1 Lamongan
pada materi Gambar Proyeksi melalui kolaborasi model
pembelajaran Project Based Learning (PBL) dan penerapan
kecerdasan buatan (AI). Masalah yang dihadapi adalah rendahnya tingkat pemahaman siswa pada materi Gambar Proyeksi, yang
membutuhkan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan
interaktif. PBL digunakan untuk mendorong pembelajaran
berbasis proyek, meningkatkan keterampilan kolaboratif, serta
memotivasi siswa dalam memahami konsep. AI diterapkan untuk
mendukung proses pembelajaran dengan memberikan
pengalaman belajar yang lebih adaptif dan personal.
Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang meliputi perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian
adalah 32 siswa kelas X-F. Instrumen yang digunakan meliputi tes
hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar
siswa dari siklus I ke siklus II, dengan rata-rata nilai siswa naik
dari 70 pada siklus I menjadi 85 pada siklus II. Penerapan
kolaborasi PBL dan AI juga meningkatkan keterlibatan siswa
dalam proses pembelajaran.
Kesimpulannya, kolaborasi antara model pembelajaran Project
Based Learning dan kecerdasan buatan terbukti efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-F MAN 1 Lamongan
pada materi Gambar Proyeksi Tahun 2024.
Referensi
Asiri, M. J., & Asiri, A. N. (2020). The Impact
of Artificial Intelligence on Educational
Systems: A Review. Journal of
Education and Learning, 9(4), 56-67.
https://doi.org/10.5539/jel.v9n4p56
Capraro, M. M., Capraro, R. M., & Morgan, J.
(2018). Project-Based Learning: An
Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM)
Approach. Springer.
Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019).
Artificial Intelligence in Education:
Promises and Implications for Teaching
and Learning. Center for Curriculum
Redesign.
Krajcik, J., & Shin, N. (2019). Project-Based
Learning. In R. K. Sawyer (Ed.), The
Cambridge Handbook of the Learning
Sciences (pp. 513-528). Cambridge
University Press.
Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., &
Forcier, L. B. (2017). Intelligence
Unleashed: An Argument for AI in
Education. Pearson Education.
Sari, R. M., & Nurhadi, D. (2022). The
Effectiveness of Project Based Learning
in Improving Students’ Creative
Thinking Ability: A Meta-Analysis.
Journal of Educational Research and
Evaluation, 26(2), 123-135.
https://doi.org/10.1234/educator.v26i2.5
67
Thomas, M. A. M., & Reinders, H. (2020).
Artificial Intelligence in Education:
From Automation to Human
Empowerment. Routledge.

Terbit: Desember 2024