Zumrotus Sa’adah, S.Si
zumromanela01@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jl. Veteran No.43 Lamongan
Naskah :
Diterima : 4 April 2025
Direvisi : 25 April 2025
Disetujui : 16Mei 2025
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penalaran aljabar peserta didik dalam menyelesaikan masalah barisan aritmatika melalui penggunaan media uang mainan dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem-Based Learning (PBL), serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi dan efektivitas penerapan pendekatan tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi kelas X-E di MAN 1 Lamongan. Teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, tes berbasis LKPD, dan wawancara semi-terstruktur.
Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pendekatan PBL dengan media konkret mampu meningkatkan keterlibatan dan kemampuan penalaran aljabar peserta didik, khususnya dalam mengidentifikasi pola numerik, menggeneralisasikan rumus suku ke-n, serta melakukan justifikasi simbolik. Namun, masih ditemukan kendala pada beberapa peserta didik dalam mentransformasikan informasi kontekstual ke dalam bentuk simbolik aljabar. Secara keseluruhan, integrasi media konkret seperti uang mainan dan pendekatan berbasis masalah (PBL) terbukti efektif menciptakan pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan bermakna, sekaligus membangun fondasi berpikir aljabar yang lebih reflektif dan logis.
Referensi
Andriani, R. (2018). Pengaruh model
pembelajaran problem based learning
(PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa
kelas V Sekolah Dasar Negeri 005
Gunung Malelo. Jurnal Review
Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 14–25.
https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.152
Blanton, M. L., & Kaput, J. J. (2005).
Functional thinking as a route into
algebra in the elementary grades.
International Reviews on Mathematical
Education, 37(1), 34–42.
Booth, J. L., & Koedinger, K. R. (2012). Key
misconceptions in algebraic problem
solving: Testing the effectiveness of
example-based instruction. Learning and
Instruction, 22(2), 87–95.
https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.20
11.06.002
Farah Ayyun, dkk. (2023). Kemampuan
penalaran matematis siswa dalam
menyelesaikan masalah (Studi kasus
pada siswa SMA materi barisan dan
deret). Math Didactic: Jurnal Pendidikan
Matematika, 9(3), 529–540.
https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/
math
Goldin, G. A., & Shteingold, N. (2001).
Systems of representations and the
development of mathematical concepts.
In A. A. Cuoco & F. R. Curcio (Eds.),
The roles of representation in school
mathematics (pp. 1–23). National
Council of Teachers of Mathematics.
Hayati, F., dkk. (2024). Analisis kesulitan
belajar siswa pada materi barisan dan
deret menggunakan metode problem
based learning. INNOVATIVE: Journal
of Social Science Research. https://jinnovative.org/index.php/Innovative
Hiebert, J., & Carpenter, T. P. (1992).
Learning and teaching with
understanding. In D. A. Grouws (Ed.),
Handbook of research on mathematics teaching and learning (pp. 65–97).
Macmillan.
Janvier, C. (1987). Translation processes in
mathematics education. In C. Janvier
(Ed.), Problems of representation in the
teaching and learning of mathematics
(pp. 27–32). Lawrence Erlbaum
Associates.
Larasati, A. (2020). Improving the quality of
learning through implementation of the
problem based learning model for social
interaction. Jurnal Diklat Keagamaan,
18(1), 68–78.
https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i1.2
02
Muklis, Ngapiningsih, & Anna, Y. A. (2022).
Buku interaktif matematika untuk
SMA/MA/SMK/MAK kelas X. Penerbit
Intan Pariwara.
Ni, P. N. S., Fuad, Y., & Ekawati, R. (2022).
Profil berpikir aljabar siswa SMP dalam
menyelesaikan masalah pola bilangan.
Kreano: Jurnal Matematika KreatifInovatif, 13(2), 174–185.
https://journal.unnes.ac.id/nju/kreano/ar
ticle/view/22525
Odilia, & Mariana. (2023). Pengembangan
permainan matematika berbasis problem
based learning (PBL) pada materi
barisan dan deret. ASIMTOT: Jurnal
Kependidikan Matematika, 5(1), 15–29. https://journal.unwira.ac.id/index.php/ASIMTOT
Pratama, C. E. (2015). Efektivitas penggunaan
strategi ekspositori dengan metode
permainan domino card terhadap
pemahaman konsep pada materi operasi
hitung aljabar siswa SMP N 1 Grogol
[Skripsi, Universitas Nusantara PGRI
Kediri].
Rifqoh, T., & Susanti, E. (2022). Investigasi
kemampuan berpikir aljabar siswa dalam
pemecahan masalah matematika. Jurnal
Analisa, 10(1), 95–108.
https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/an
alisa/article/view/30022
Sataloff, R. T., Johns, M. M., & Kost, K. M.
(2012). Educational research (4th ed.).
Plural Publishing
Setiawan, B. (2022). Analisis kemampuan
penalaran matematis siswa pada materi
barisan dan deret. Jurnal Pendidikan
Matematika (JPiMat).
https://jurnal.persadakhatulistiwa.id/jurn
al/index.php/jpimat/article/view/2051
Siti, & Syarifatul. (2021). Penalaran aljabar
siswa MA pada materi barisan dan deret
ditinjau dari gaya kognitif. Third
Conference on Research and
Community Services, STKIP PGRI
Jombang.
Stylianides, A. J. (2007). The role of
justification in mathematics education:
Connecting teaching and student
learning. Journal of Mathematical
Behavior, 26(3), 276–291.
https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2007.0
9.003
Tall, D., & Vinner, S. (1981). Concept image
and concept definition in mathematics
with particular reference to limits and
continuity. Educational Studies in
Mathematics, 12(2), 151–169.
https://doi.org/10.1007/BF00305619
Watson, A. (2007). Key understanding of
mathematics learning: Paper 6—
Algebraic reasoning. Nuffield
Foundation, University of Oxford.
Windsor, W. (2009). Algebraic thinking—
More to do with why, than x and y. In
Proceedings of the 10th International
Conference “Models in Developing
Mathematics Education”. The
Mathematics Education into the 21st
Century Project.
Yachel, E. (1997). A foundation of algebraic
reasoning in the early grades. Teaching
Children Mathematics, 3, 276–800.

Terbit: Desember 2025

