Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Radec pada Mata Pelajaran Geografi Materi Penginderaan Jauh

8

Suminto, S.Pd, M.Pd
sumintomanela@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Naskah :
Diterima : 15 November 2023
Direvisi : 23 Desember 2023
Disetujui : 25 Desember 2023

Abstraksi

Dalam konteks abad 21, HOTS telah menjadi tema penting yang mengharuskan adanya program mendesain ulang dan mereformasi sistem pembelajaran. Peran HOTS menjadi lebih jelas dalam dunia yang berubah, sebagaimana tercermin dalam Sebagian besar kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia internasional, yang menekankan pemikiran kritis dan keterampilan memecahkan masalah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X-H materi penginderaan jauh. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-H semester ganjil MAN 1 Lamongan Tahun Pelajaran 2023/2024 melalui Read-Answer-Discuss-Explain and Create (RADEC). Dalam penilitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes (yaitu pada siklus I pertemuan 1 sampai siklus II pertemuan 2) dan observasi terhadap aktivitas siswa secara langsung. Hasil tes berupa 5 butir soal untuk siklus I dan siklus II, semuanya valid. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dalam PTK ini meliputi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II sebesar 67,08%. Adapun hasil belajar siswa yang diukur dari nilai tes siswa pada siklus I dibandingkan dengan siklus II terdapat peningkatan sebesar 75%. Jadi dari hasil ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-H pada materi Penginderaan Jauh setelah menggunakan Read-Answer-Discuss-Explain and Create (RADEC).

Referensi

Agustin Mubiar dan Adi Pratama Yoga 2022. Keterampilan Berfikir Dalam Konteks Pembelajaran Abad ke 21. Bandung: Refika Aditama.
Asra dan Sumiati. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Bagas Ramadhandika 2019. Mozaik Geografi 1 SMA/MA kelas X. Jakarta: Yudhistira.
Hamalik Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Isna Nur Said, Lutia Ricavela, dan Nova Tri Pamungkas. 2020. Pegangan Guru Geografi untuk SMA/MA Peminatan Ilmu-ilmu sosial. Yogyakarta: PT Penerbit Intan Pariwara.

Majid Abdul, 2016. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu\

Sanjaya Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiarto dan Danang Endarto 2018. Mengkaji Ilmu Geografi 1 untuk kelas X SMA dan MA Kelompok Peminatan Ilmu-ilmu Sosial. Solo: PT Tiga Serangkai.
Pustaka Mandiri

Yasinto Sindhu Priastomo 2022. IPS Geoggrafi untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Erlangga

PDF Page:  55-64

Terbit: Juni 2024