Transformasi Pendidikan di Era Society 5.0 : Pendekatan Human – Centered Learning

15

Prof. Dr H. Mashudi, M.Pd
mashudi@uinkhas.ac.id
Guru Besar Universitas Islam
Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad
Siddiq Jember
Muyasaroh Thoha, S.Ag, M.A
muyasarohthoha121275@gmail.com
Guru MAN 1 Lamongan
Jl. Veteran No.43 Lamongan,
Naskah :
Diterima : 20 November 2024
Direvisi : 10 Desember 2024
Disetujui : 21 Desember 2024

Abstraksi

Era Society 5.0 menandai pergeseran paradigma global menuju
integrasi teknologi canggih dalam kehidupan manusia dengan fokus pada peningkatan kualitas hidup dan kemanusiaan. Dalam
konteks pendidikan, transformasi ini menuntut pendekatan baru
yang tidak hanya mengandalkan teknologi, tetapi juga
mengutamakan nilai-nilai humanistik. Artikel ini membahas
pentingnya penerapan human-centered learning sebagai strategi
pembelajaran utama dalam menghadapi tantangan dan peluang di
era Society 5.0. Pendekatan ini menempatkan peserta didik
sebagai pusat pembelajaran dan mendorong pengembangan
karakter, kreativitas, serta kompetensi abad ke-21. Peran guru
berubah menjadi fasilitator dan pembimbing dalam proses belajar
yang bersifat kolaboratif dan personal. Meski menjanjikan,
implementasi pendekatan ini di Indonesia masih menghadapi
tantangan, terutama terkait kesenjangan digital, infrastruktur, dan
kesiapan sumber daya manusia. Oleh karena itu, diperlukan
reformasi kebijakan pendidikan yang mendukung integrasi
teknologi secara inklusif dan berorientasi pada kemanusiaan.
Artikel ini menegaskan bahwa transformasi pendidikan berbasis
human-centered learning adalah langkah strategis untuk
menciptakan generasi yang adaptif, berempati, dan mampu hidup
berdampingan dengan teknologi secara bijaksana.

Referensi

Brynjolfsson, E., & McAfee, A. (2014). The
Second Machine Age: Work,
Progress, and Prosperity in a
Time of Brilliant Technologies.
W. W. Norton & Company.

Keidanren. (2018). Society 5.0: Co-creating
the Future. Japan Business
Federation.

Kemendikbudristek. (2022). Peta Jalan
Transformasi Pendidikan
Indonesia 2022–2030. Jakarta:
Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan
Teknologi.

Schleicher, A. (2019). OECD Future of
Education and Skills 2030.
OECD Publishing.

UNESCO. (2021). Reimagining our futures
together: A new social contract
for education. Paris: UNESCO.

World Bank. (2020). The Role of Teachers in
Education Transformation in the
Digital Era. Washington, DC:
World Bank.

Livingstone, S., & Helsper, E. J. (2007).
Gradations in digital inclusion:
Children, young people and the
digital divide. New Media &
Society, 9(4), 671–696.

UNESCO. (2021). Digital Learning and
Education in the 21st Century: A
Roadmap for All. Paris:
UNESCO.

OECD. (2020). The Future of Education and
Skills 2030: Conceptual Learning
Framework. OECD Publishing.

UNESCO. (2021). Reimagining Our Futures
Together: A New Social Contract
for Education. Paris: UNESCO.
World Bank. (2020). The Role of Teachers in
Education Transformation in the
Digital Era. Washington, DC:

World Bank.
World Economic Forum. (2020). The Future of
Jobs Report. Geneva: World
Economic Forum.

PDF Page:  01-14

Terbit: Juni 2025